oleh

Jaga Stabilitas Pangan Dispang Gelar Bazar

PEMERINTAH Kota (Pemkot) Lubuklinggau serius dalam menjaga stabilitas pangan selama Ramadhan dan Idul Fitri 1439 Hijriah, berbagai upaya telah dilakukan salah satunya dengan menggelar bazar dan pasar murah.

Dinas Ketahanan Pangan (Dispang) Kota Lubuklinggau menggandeng Bulog Drive Lubuklinggau, distributor Sembako, dan agen LPG sukses menggelar bazar dan pasar murah. Tepatnya di Lapangan Eks Kompi Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Air Kuti, Kecamatan Lubuklinggau Timur I, Selasa (15/5).

Kepala Dispang Kota Lubuklinggau, Dedi Yansyah mengatakan kegiatan ini dalam rangka hari besar keagamaan, Presiden RI melalui Kementrian Pertanian menginstruksikan Kepala Badan Ketahanan Pangan baik tingkat provinsi, kabupaten/kota untuk mengadakan bazar dan pasar murah. Untuk tingkat Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) sudah dilakukan sejak 1 Mei 2018 lalu.

“Kegiatan ini bertujuan agar masyarakat tidak reaktif, selain itu jangan sampai para agen dan distributor melakukan kecurangan,” kata Dedi Yansyah.

Ditambahkan Dedi Yansyah, untuk menjaga stabilitas harga pangan di Kota Lubuklinggau pemerintah tidak bisa berbuat sendiri. Tentunya semua elemen harus ikut andil.

Sementara itu, Kepala Bulog Drive Lubuklinggau, Meizarani mengatakan bahwa untuk kegiatan ini pihaknya menyiapkan 5 ton beras dengan jenis premium super harga Rp 8.950/Kg. Saat ini untuk menjaga stabilitas pangan khususnya jenis Sembako, Bulog Drive Lubuklinggau membina 60 titik Rumah Pangan Kita (RPK) yang tersebar di delapan kecamatan.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Sekda Kota Lubuklinggau, H Rahman Sani, dihadiri, Asisten II Setda Kota Lubuklinggau, H Rusli, perwakilan Dispang Provinsi Sumsel, Muslim, Kepala SKPD lingkungan Pemkot Lubuklinggau, dan tamu undangan lainnya.

Sekda Kota Lubuklinggau, H Rahman Sani mengatakan Pemkot Lubuklinggau terus berupaya menstabilkan harga pangan. Namun yang menjadi kendala saat ini belum adanya kesamaan persepsi antar stakeholder, khususnya terkait kebijakan kebutuhan pangan.

“Pesan saya pada masyarakat Kota Lubuklinggau tidak perlu khawatir mengenai kebutuhan pangan, kita akan berusaha agar kebutuhan pangan masyarakat tetap tersedia dan juga jangan berlebihan dalam membeli kebutuhan pangan,” H Rahman Sani. (CW01).

Rekomendasi Berita