oleh

Jaga Ketenteraman dan Ketertiban Masyarakat

Tupoksi Personel Sat Pol PP

Personel Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP), merupakan garda terdepan yang mempunyai peran sentral serta tugas dan tanggung jawab yang sangat berat dalam menjaga ketenteraman masyarakat dan ketertiban umum. Bagaimana mereka dalam menjalankan Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi), serta perannya sebagai anggota Sat Pol PP?

Laporan Daulat, Kayu Ara

Staf operasional pengawalan kegiatan Pol PP Kota Lubuklinggau, Purjianto (35) mengatakan, pengawalan merupakan salah satu unsur pengamanan dalam kegiatan terhadap seseorang. Terutama kepada pejabat VIP maupun pejabat Pemkot dan keluarganya, kegiatan ini membutuhkan keseragaman dalam pelaksanaannya menurut ketentuan yang ada.

“Ia juga memaparkan persiapan awal pada kegiatan pengawalan, untuk menjamin keberhasilan dan kelancaran dalam setiap tugas, membutuhkan langkah dan strategi,” katanya

Mempelajari dan mencatat semua keterangan yang diperoleh dari pejabat VIP yang dikawal, seperti jumlah dan nama kendaraan, susunan dan rangkaian kendaraan, bentuk gerak taktis beserta administrasinya, juga menjelaskan tempat, tujuan dan waktu keberangkatan serta jalan yang akan dilaluinya harus jelas.

“Persiapan awal pengawalan juga harus mempelajari situasi dan kondisi jalan di sepanjang rute yang akan dilalui pengawalan dan harus mempelajari, mencatat semua petunjuk dan pengarahan Komando yang berwenang juga melaksanakan mengecek kesiapan Regu pengawalan yang diminta bila perlu laksanakan latihan pendahuluan,” ucap suami Enda Setiarini ini

Ia menambahkan, dengan mengumpulkan kendaraan konvoi dan menyusun formasi sesuai bentuk dan cara pengawalan yang ditentukan, segera berangkat menuju ke tempat pemberangkatan konvoi dan laporkan siap untuk melaksanakan pengawalan dan pengamanan,” ujarnya

Purjianto mengaku selama ia menjalani tugasnya tidak ada kendala dan kesan yang buruk,bahkan ia senang kalau menjalankan tugas pengawalan, karena bisa berkumpul dengan anggota Dinas lainnya, seperti Dishub, Polisi maupun personel dari TNI.

“Saya mengabdi menjadi personel Sat Pol PP di Kota Lubuklinggau baru tujuh tahun. Sebelumnya di tahun 2003 saya bekerja di Dinas Pemadam Kebakaran,” tutupnya.(*)

Komentar

Rekomendasi Berita