oleh

Jaga Kesehatan Sejak Kehamilan

LINGGAU POS ONLINE, MURATARA – Memelihara kesehatan ibu dan bayi hendaknya dilakukan sedini mungkin. Yakni ketika mengandung.

Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Muratara, H Abdullah Matcik pada membuka puncak kegiatan lomba Gerakan Sayang Ibu (GSI) tingkat kabupaten, yang dilaksanakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMD-P3A), di Kelurahan Muara Rupit Kecamatan Rupit, Selasa (5/12).

Bupati Muratara, HM Syarif Hidayat dan Wakil Bupati (Wabup) Muratara H Devi Suhartoni menyambut baik dan mengapresiasi atas pelaksanaan lomba GSI ini. Karena kegiatan ini upaya dalam mewujudkan kesehatan masyarakat yang berkualitas.

“Tujuan kegiatan ini sejalan dengan apa yang menjadi visi misi Bapak Bupati Muratara HM Syarif Hidayat dan Pak H Devi Suhartoni yakni dalam mewujudkan Kabupaten Muratara yang Makmur Aman Cerdas dan Bermartabat salah satu peningkatan taraf kesehatan masyarakat khususnya para ibu-ibu rumah tangga,” sebutnya.

Menurutnya, Ibu sangat menentukan kesehatan masyarakat, di mana kebahagiaan keluarga sangat erat hubungannya dengan kasih sayang ibu selaku orang tua. Apabila setiap ibu merawat dan menjaga dengan baik anaknya sejak mengandung hingga melahirkan.

“Anak dalam rahim harus cukup cakupan gizinya. Maka Gerakan Sayang Ibu dengan outcome mewujudkan ibu sehat dan bayi sehat,” imbuhnya.

Healthy long live, umur panjang dan sehat. Inilah indikator kesehatan. Bagaimana menciptakan ini, maka dari itu segini mungkin dimulai sejak ibu hamil atau mengandung.

Sementara itu Kepala DPMD-P3A Kabupaten Muratara, Firdaus program GSI ini dalam rangka peningkatan derajat kesehatan masyarakat, dengan upaya percepatan penurunan Angka Kematian Bayi dan Angka Kematian Ibu (AKB dan AKI) di wilayah Kabupaten Muratara.

“Kegiatan ini pembinaan terhadap para ibu-ibu guna meningkatkan kesadaran masyarakat akan gerakan sayang ibu di mana sasaran ditujukan kepada ibu hamil, atau wanita usia subur,” bebernya.

Adapun tiga desa yang menjadi juara yakni, Juara pertama diraih Desa Mulya Jaya Kecamatan Nibung. Juara 2 Desa Maur Kecamatan Rupit dan Juara 3 Embacang Baru Ilir Kecamatan Karang Jaya. (07)

Komentar

Rekomendasi Berita