oleh

Jaga Kedaulatan Negara Mahasiswa Harus Tolak Golput

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Kota Lubuklinggau, lakukan sosialisasi berkesinambungan dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih di Pilkada serentak yang akan digelar pada 27 Juni mendatang.

Selasa (3/4), rombongan KPU menyambangi dua kampus, yakni STMIK Mura-Lubuklinggau dan STKIP-PGRI Lubuklinggau. Tujuannya, adalah untuk memberikan pencerahan kepada mahasiswa yang kebanyakan pemilih pemula, untuk menggunakan hak pilihnya.

Divisi Program dan Data KPU Kota Lubuklinggau, Efrizal mengatakan memang pihaknya melakukan sosialisasi secara maraton ke sekolah-sekolah dan Perguruan Tinggi yang ada di Kota Lubuklinggau. Agar, mahasiswa dapat berpartisipasi menjaga kedaulatan daerah hingga negara, sebab satu suara akan menentukan arah pembangunan.

“Mahasiswa, harus menggunakan hak pilihnya, tidak boleh apatis. Harus optimis, karena suara yang kalian sumbangkan mempunyai pengaruh besar dalam membangun daerah,” jelasnya di hadapan para mahasiswa STMIK Mura-Lubuklinggau.

Jadi, dilanjutkan Efrizal, lihat pengumuman Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang sudah diumumkan oleh KPU. Kalau belum terdaftar, segera laporkan ke Panitia Pemungutan Suara (PPS), agar dimasukkan dalam DPS Hasil Perbaikan.

“Kalau para mahasiswa tidak mau menggunakan hak pilihnya, lalu siapa lagi yang bisa diharapkan untuk membawa perubahan. Ingat, mahasiswa harus berada di garda terdepan dalam menyukseskan pesta demokrasi, baik Pilkada, maupun Pileg dan Pilpres,” tuturnya.

Maka dari itu, masih dikatakan Efrizal, para mahasiswa harus proaktif dalam proses pemilihan itu, kalau ada yang memberi uang, laporkan ke Panwaslu untuk segera ditindak, karena sudah menciderai demokrasi.

“Atau, ambil uangnya jangan pilih orangnya,” tegas Efrizal.

Di tempat yang sama, Pembantu Ketua (Puket) II STMIK Mura-Lubuklinggau, Suwarno mengharapkan hal yang sama, agar para mahasiswa dapat berada di garda terdepan dalam menyukseskan demokrasi. Maka, dirinya sangat mengapresiasi sosialisasi yang sudah dilakukan KPU ini. (01)

Rekomendasi Berita