oleh

Jadikan Membaca Sebagai Kebiasaan

Guru Muda PIM XVI Sosialisasikan Kampung Baca

Membaca merupakan aktivitas penting bagi terciptanya generasi berwawasan luas dalam segala hal. Ada pepatah yang mengatakan, dengan membaca kita bisa membedah isi dunia. Hal ini pula yang melatarbelakangi Guru Muda Program Indonesia Mengajar Mensosialisasikan Kampung Baca, Minggu (8/7).

Laporan Sulis, Muara Kelingi

SEBENARNYA, dengan membaca seseorang telah melibatkan banyak aspek meliputi berpikir (to think), merasakan (to feel), dan bertindak melaksanakan hal-hal yang baik dan bermanfaat. Sebagaimana yang dianjurkan oleh bahan bacaan .

Namun, Pengajar Muda Musi Rawas (Mura) diwakili oleh Muhammad Ikbal dan Siti Rodiah menyayangkan, budaya membaca belum sepenuhnya menjadi laku keseharian.

Menurut kedua pemuda ini, masalah gemar membaca sudah menjadi masalah bangsa, karena rendahnya budaya membaca bagi bangsa sudah sangat memprihatinkan.

Belum lagi di era yang serba teknologi ini, budaya membaca semakin mengalami kemunduran dan kemerosotan. Pasalnya, serbuan media elektronik seperti televisi, radio, internet dan lain sebagainya telah membuat aktivitas membaca menjadi pekerjaan yang dikesampingkan.

Hal ini pula yang memotivasi mereka menghidupkan kembali Kampung Baca dan Menjaring Relawan untuk keberlangsungan kampung baca Desa Marga Sakti, Kecamatan Muara Kelingi.

Sosialisasi Kampung Baca telah dilakukan guru muda PIM XVI terhadap Warga Desa Marga Sakti, Minggu (8/7) lalu. Dihadiri TP PKK Desa, karang Taruna, Irmas, Pemuda Pemudi, dan Santri.

Untuk memantapkan bagaimana konsep kampung baca yang sesungguhnya hadir pula pembicara dari Dinas Perpustakaan Kabupaten Mura, Ninik.

Di akhir wawancara, Ikbal menuturkan membaca bukanlah permasalahan yang berat jika kita sudah terbiasa melakukannya. Bahkan membaca bisa menjadi sahabat saat kita kesepian, sahabat yang selalu memberikan inspirasi.

Semua tempat adalah sekolah, semua orang adalah guru dan semua waktu adalah kesempatan. Ayo kita lestarikan budaya membaca bersama-sama. (*)

Rekomendasi Berita