oleh

Jadikan Membaca itu Kebutuhan

LUBUKLINGGAU – Era digital, membuat generasi millennial makin enggan bersahabat dengan buku bacaan. Nyaris informasi hariannya diakses melalui media digital, khususnya internet.

Hal inilah yang melatarbelakangi Koran Linggau Pos menggiatkan program Baca Linggau Pos Bersama setiap tahunnya, termasuk 2019 ini. Agar ke depan, generasi millennial bisa selektif memilih bacaan dan mengakses informasi.

Setelah di-launching di SMAN 1 Lubuklinggau untuk tingkat SMA sederajat akhir Desember 2018 lalu, kemarin Jumat (25/1) launching Baca Linggau Pos Tingkat SMP sederajat dilakukan di SMPN 2 Model Lubuklinggau. Kegiatan ini diresmikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Kota Lubuklinggau, Dr H Tamri.

Dalam arahannya, H Tamri memotivasi para siswa untuk gemar membaca. Ia prihatin jika membaca belum jadi kebiasaan siswa. Sebab, dengan gemar membaca banyak informasi yang didapat, dan bermanfaat bagi kehidupan.

“Seperti minum dan makan, jadikanlah membaca itu kebiasaan. Termasuk membaca status di Facebook. Jangan hobi membaca gosip atau cari akun-akun yang berbau negatif. Tapi carilah sumber informasi yang bisa mencerahkan, memberikan ilmu baru, dan membuat kita jauh lebih baik dari sebelumnya,” pesan dia.

Ia berharap sekolah-sekolah mendukung program yang diadakan Linggau Pos ini. Untuk memberikan suasana baru media edukasi siswa.

Apresiasi juga disampaikan Kepala SMPN 2 Model Lubuklinggau, Parman. Ia menjelaskan kegiatan literasi yang diadakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) selaras dengan program Baca Linggau Pos Bersama ini. Oleh karena itu, setiap tahun SMPN 2 Lubuklinggau ikut serta dalam kegiatan ini.

Dengan Baca Linggau Pos Bersama, kata dia, siswa-siswi bisa memperbarui informasi. Bahkan, secara khusus ia sudah menyiapkan pojok-pojok baca untuk dimanfaatkan siswa-siswinya mengisi waktu untuk membaca.

“Sebagai Sekolah Model Penjamin Mutu Pendidikan, kami memang ada program khusus literasi ini,” tutur dia.

Sementara General Manager Linggau Pos, Budi Santoso sangat bersyukur dan berterima kasih atas dukungan Kepala Disdikbud Kota Lubuklinggau Dr H Tamri, Kepala SMPN 2 Lubuklinggau Parman, Dewan Guru dan Staf serta peserta didik yang terus mengapresiasi kegiatan ini. Ia berharap, hal serupa juga dilakukan sekolah-sekolah lain, baik SMA, SMK, MA, SMP maupun MTs.

Ia juga mengabarkan, Februari 2019 ini Linggau Pos sebagai harian yang tergabung dalam Sumatera Ekspres Group (SEG) akan mengadakan kegiatan Menulis Surat di Atas Koran untuk Gubernur Sumsel. Ia berharap siswa-siswi SMA dan SMP sederajat mengikuti kegiatan yang berhadiah studi banding wawasan kebangsaan, beasiswa pendidikan, tabungan pendidikan dan doorprize ini. (lik)

Rekomendasi Berita