oleh

Jadi Pemuda Tangguh

Ekstrakulikuler Pramuka SMKN 3 Lubuklinggau sudah terbentuk sejak lama. Ekstrakulikuler Pramuka ini binaan Bapak Sumardi dan Ibu Nurtina Gunawan. Kini ekstrakulikuler ini beranggota lebih kurang 60 orang dari kelas X dan Xl. Yuks… kita simak kegiatannya.

Bagaimana sih sistem latihannya?

“Kami latihan setiap Selasa dan Jumat. Sistemnya di sini kami diberikan materi dari kakak senior dan para alumni, materi yang disampaikan yakni mengenai tentang kepramukaan,” kata Siswa SMKN 3 Lubuklinggau, Hidayat Hikmah.

Apa sih agenda khususnya?

“Kami mempunyai agenda setiap tahun yaitu HUT Gudep Ambalan, dan tiga bulan sekali kami mengadakan perkemahan pelantikan resmi menjadi penegak dan bantara,” ujar Hidayat Hikmah.

Apa sih manfaatnya?

“Manfaatnya sih banyak… melatih kemandirian, hemat, berani, disiplin dan apapun itu. Dan kita juga bisa berbaur dengan teman di luar sekolah serta bisa mendapatkan ilmu juga selain ilmu Pramuka,” ungkap Hidayat Hikmah.

Apa sih wadah dari ekstrakulikuler Pramuka ini?

“Yaa… kalau wadahnya sih sangat cocok banget, untuk para remaja karena sekarang remaja banyak banget nih yang karakter kemandiriannya masih kurang memadai,” kata Hidayat Hikmah.

Pernah membuahkan prestasi agak sih?

“Jelas pernah dong… akhir-akhir ini kami mendapatkan JUMUM (Juara Umum) saat mengikuti lomba di ZT (SMAN 2 Model Lubuklinggau), berkat doa dan usaha tim hasilnya berbuah manis atau yang kami inginkan selama latihan ini,” jelas Hidayat Hikmah.

Ada nama panggilan agak sih?

“Yaa… jelas ada dong… yakni KT (Kapak Team), yang artinya kompak, aktif, profesional, andal dan kreatif, keren bukan. Alasan kami memilih sebutan nama Kapak adalah senjata dari pendekar Wiro Sableng yang biasa di sebut pendekar 2+1+2 yang melambangkan lima jurusan di SMKN 3 Lubuklinggau, dan pendekar wiro sableng juga mempunyai sifat konyol tetapi tidak takut kepada musuh seperti itulah anggota Pramuka di SMKN 3 Lubuklinggau,” tutupnya.(s4).

Rekomendasi Berita