oleh

Jadi Aset Tapi Tetap Diawasi Dispar

Pantai Terusan Diserahkan ke Pihak Desa

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Empat Lawang Ahmad Nawawi menyatakan pengelolaan Pantai Terusan diserahkan ke pemerintah desa. Apa maksudnya?

Muhammad Iqbal Bakti,

Pasalnya pemerintah desa diperbolehkan melakukan pengembangan serta pembangunan pariwisata di desa masing-masing dengan menggunakan anggaran dana desa.

“Sudah ada penyerahan secara lisan, dana desa juga boleh digunakan untuk mengembangkan wisata di desa,” kata Wawi panggilan akrabnya kemarin (3/1).

Selanjutnya Wawi menjelaskan meskipun sudah diserahkan ke desa namun pihaknya tetap melakukan pendampingan sehingga empat wisata yang mulai digandrungi wisatawan lokal ini bisa dikenal dan ramai dikunjungi.

Banyak manfaat, kata Wawi jika pengelolaan dilakukan oleh desa baik keamanan hingga retribusi desa bahkan aset desa itu sendiri.

“Termasuk wisata di Desa Ulak Dabuk kita serahkan pengelolaan sekarang ini ke desa,  jika maju nanti ya kita ambil alih lagi menunjang pendapatan daerah dengan sistem yang terlebih dahulu di mufakati bersama pemerintah desa itu tadi,” imbuhnya.

Terkait pantai Desa Terusan tadi, lanjut Wawi tidak ada dana di tahun 2018 melakukan pembangunan atau pun penambahan obyek wisata namun berdasarkan aspirasi masyarakat sekitar Desa Terusan bakal dijadikan kampung warna warni.

“Semoga saja ini menjadi daya tarik tersendiri hingga akhirnya Desa Terusan jadi rujukan obyek wisata di Empat Lawang,” harapnya.(*)

Komentar

Rekomendasi Berita