oleh

Jabat Kalapas Kelas IIA Curup Diganti

CURUP – Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIA Curup yang dijabat oleh Ahmad Faedhoni, saat ini dijabat oleh Hari Winarca yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Lembaga Lapas Khusus Anak Bengkulu.

“Harapan saya jabatan Kalapas Kelas IIA Curup yang saat ini di jabat Pelaksana Tugas (Plt) bisa mempertahankan kondisi Lapas yang kondusif,” harap Ilham Djaja, Kepala Kakanwil Kemenkumham Bengkulu saat menghadiri Serah Terima Jabatan (Sertijab) di Lapas Kelas IIA Curup, Selasa (29/1).

Sementara itu, Ahmad Faedhoni saat ini menjabat sebagai Pembimbing Kemasyarakatan Madya di Kemenkumham Jateng, Semarang. Ihlam juga meminta pada Kalapas yang baru untuk menjaga kekondusifan Lapas khususnya Kelas IIA Curup seiring dengan akan dilaksanakannya Pemilu mendatang.

Sementara, terkait over kapasitas Lapas Kelas IIA Curup sebenarnya ada solusi untuk mengurangi hal itu. Salah satunya dibuatnya Lapas baru. Sebab, dalam ketentuan perundangan setiap kabupaten diharapkan bisa memiliki Lapas sendiri.

“Kalau masing-masing kabupaten memiliki Lapas sendiri, kondisi over kapasitas bisa berkurang, kalau sekarang Lapas Kelas IIA Curup ini menampung tiga kabupaten yakni Kabupaten Rejang Lebong, Lebong dan Kepahiang, sehingga jumlahnya banyak,” ungkapnya.

Kakanwil Kemenkumham Bengkulu saat ini sudah menyusun dan berkoordinasi dengan Pemda setempat seperti Kabupaten Lebong dan Kepahiang untuk mengupayakan pembangunan Lapas sendiri.

“Dalam aturan Kemenkumham tidak boleh membeli tanah, dengan demikian Pemda setempat diharapkan bisa menyiapkan lahan baru kita usulkan untuk pembangunannya,” tuturnya.

Sejauh ini, untuk Kabupaten Lebong dan Kepahiang sampai saat ini belum ada lahan yang disiapkan untuk pembangunan Lapas.

“Ya mungkin kesulitannya mencari tanah yang tepat untuk melakukan pembangunan Lapas sendiri, harapan kita kalau tidak di Lebong atau di Kepahiang bisa membuat Lapas baru, sehingga Lapas Kelas IIA Curup ini khusus untuk Rejang Lebong sehingga bisa mengurangi over kapasitas,” harap Ilham.(sam)

Rekomendasi Berita