oleh

Izin Trayek Selayaknya Dikelola Dishub

LINGGAU POS ONLINE, WATERVANG – Izin trayek Angkutan Kota (Angkot) di Kota Lubuklinggau saat ini dikelola Badan Pelayanan Perizinan Terpadu, bukan instansi teknis yaitu Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Lubuklinggau. Padahal untuk mengeluarkan izin trayek kendaraan harus fit, dan laik jalan.

“Untuk izin trayek bukan di Dishub, tapi berdasarkan pantauan kami di lapangan saat ini masih banyak Angkot yang belum memiliki izin trayek. Ada juga yang sudah memiliki izin trayek namun kondisi mobilnya tidak laik jalan, ada juga sebagian yang belum memperpanjang izin trayek,” jelas Kadishub Kota Lubuklinggau, Abu Ja’at.

Ditambahkan Abu Ja’at, untuk mengeluarkan izin trayek seharusnya KIR kendaraan juga harus hidup.

“Dari uji KIR itu baru tahu mobil atau Angkot tersebut laik tidak jalan, tapi dalam pemberian izin trayek selama ini kami tidak pernah dipanggil atau ditanya pendapat,” ungkap Abu Ja’at.

Menurut Abu Ja’at, Dishub Kota Lubuklinggau akan mengajak Polres Lubuklinggau untuk melakukan penertiban Angkot. Mengingat berdasarkan Undang-Undang (UU) No. 22 Tahun 2009 tentang Lalulintas dan angkutan jalan, yang berhak menindak di jalan raya hanya Polres khususnya Satlantas.

“Kita hanya bisa menindak di dalam terminal, tapi itu kadang tidak memberikan efek jera. Makanya akan kita libatkan pihak kepolisian biar ada efek jeranya, bukan hanya trayek saja, tapi kewajiban Angkot untuk masuk terminal juga akan kita tertibkan,” tegas Abu Ja’at.

Abu ja’at mengimbau pemilik Angkot untuk mematuhi aturan yang ada, mencari atau ngetem di dalam terminal. Selain itu membuat dan memperpanjang izin trayek, serta melakukan uji kir.(13)

Komentar

Rekomendasi Berita