oleh

Izin Keramaian Wajib Buat Surat Pernyataan

Linggau Pos Online, 

LUBUKLINGGAU  – Meminimalisir terjadinya peredaran narkoba dan Minuman Keras (Miras), Polisi Resort (Polres) Lubuklinggau membatasi jam pesta malam hajatan masyarakat. Sebab, selama ini biasanya masyarakat mementaskan organ tunggal pada pesta hajatan pernikahan, sunatan hingga lainnya, rata-rata pesta baru berakhir pukul 01.00 WIB dini hari. Walaupun ada yang berakhir sebelum pukul 00.00 WIB, tapi jumlahnya tidak seberapa.

Dari situ, diduga cukup banyak kejadian yang melanggar hukum, sehingga merugikan pemilik rumah dan masyarakat di sekitarnya. Sebab, setiap pesta malam digelar sangat terbuka bagi oknum masyarakat yang memanfaatkan serta menjual narkoba dan Miras.

Kapolres Lubuklinggau, AKBP Dwi Hartono mengatakan pihaknya secara perlahan akan membatasi pesta malam. Hal itu dilakukan untuk menghindari penggunaan miras dan narkoba, yang kemungkinan terjadi saat dilakukannya pesta. “Secara perlahan kami akan batasi pesta malam maksimal pukul 22.30 WIB. Hal ini dilakukan untuk menjaga generasi muda dari pengaruh miras maupun narkoba, yang kemungkinan terjadi saat dilakukannya pesta malam,” jelasnya.

Bahkan, saat meminta izin keramaian masyarakat yang akan melangsungkan hajatan, akan diminta untuk membuat surat pernyataan. Surat pernyataan tersebut memuat kalau hajatan yang mereka lakukan tidak akan mengganggu ketertiban umum, maupun keamanan di masyarakat. “Kalau nanti Polsek mengeluarkan izin tanpa ada surat pernyataan dari orang yang punya hajatan, Kapolsek harus bertanggung jawab,” tegas Dwi Hartono.

Menurut Dwi, kalau dulu orang mencuri mau beli beras atau untuk memenuhi kebutuhan yang sifatnya mendesak. Namun saat ini mulai berubah pola, orang mencuri kerap untuk membeli narkoba. “Ini yang jadi perhatian kami,” ujarnya .

Bahkan, kalau ada jajarannya yang terlibat dalam penyalahgunaan narkoba, bakal ditindak sesuai prosedur dan hukum yang berlaku. Termasuk bila ada barang buktinya, oknum polisi itu akan dipidanakan. “Prinsipnya, kami Polri melakukan pembersihan, baik ke dalam maupun di luar. Narkoba, harus dilawan secara bersama-sama, dan kami butuh dukungan dari semua elemen masyarakat,” jelasnya. (aku)

 

Rekomendasi Berita