oleh

Isi Liburan dengan Dauroh Quran

LUBUKLINGGAU – Liburan akan lebih bermakna jika acara itu didesain menyenangkan dan mendidik. Seperti yang dilakukan anak-anak bersama Rumah Quran Lubuklinggau. Mereka mengadakan Dauroh Quran Special Liburan 17-26 Desember 2018.

Pengelola Rumah Quran Lubuklinggau Suchy menjelaskan, kegiatan dimulai dari pukul 07.00 – 14.00 WIB. Targetnya santri mampu menghafal 10 hari 1 juz.

“Aktifitas para santri ini tahfizh, tahsin, outbound dan wisuda tahfizh. Nanti mereka dapat bebagai fasilitas, seperti materi Qurani,” jelas Suchy, Selasa (17/12).

Kegiatan semacam ini mendapat apresiasi dari Pimpinan Pesantren Modern Ar Risalah, H Moh Atiq Fahmi. Menurutnya, banyak hal yang ingin dilakukan oleh anak. Mereka tentu ingin merasakan suatu pengalaman baru yang menarik dan menyenangkan.

Bahkan, jika tidak tergabung di kegiatan luar rumah, saran Ust Fahmi, sangat baik jika setiap menjelang libur  sekolah  orang tua secara sengaja menyusun rencana untuk mengisi hari-hari itu dengan berbagai aktivitas yang bermanfaat bagi semua.

Jadi,  liburan harus bisa dijadikan sebagai kesempatan bagi orang tua untuk memperbaiki yang kurang dalam proses pendidikan.  Pada dasarnya, pendidikan bertujuan untuk menjadikan anak lebih berkualitas. Anak diharapkan tidak hanya memiliki kemampuan di bidang akademis, tetapi sekaligus memiliki keterampilan dan kepribadian Islam yang tangguh.

Jika berencana untuk bepergian (berwisata), saran Ust Fahmi, pilihlah berwisata ke alam bebas. Pergi ke pegunungan atau pantai adalah pilihan yang tepat. Di tempat-tempat seperti itu, anak akan belajar banyak hal. Mereka akan mengenal berbagai macam pohon yang selama ini belum pernah mereka lihat.

“Dengan mengenali berbagai macam pohon dan keindahan alam, sekaligus anak akan lebih memahami kebesaran Allah SWT,” jelas dia. (lik)

Rekomendasi Berita