oleh

Irigasi Desa Mengairi 80 Ha Sawah

LINGGAU POS ONLINE, ULU RAWAS – Untuk meningkatkan hasil pertanian dengan pembukaan lahan yang terlantar, Dinas Pertanian dan Perikanan (Dispertanikan) melakukan berbagai upaya. Salah satunya, pembuatan jaringan irigasi desa.

Informasi ini disampaikan Kepala Dispertanikan Kabupaten Muratara, Suhardiman kepada Linggau Pos, Selasa (3/7).

Ia mengatakan dalam meningkatkan hasil pertanian, Pemkab Muratara telah memberi bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan). Nah, untuk mendukung percepatan tanam agar indeks hasil pertanian sawah tadah hujan maupun sawah irigasi meningkat, dibangunlah jaringan irigasi desa.

“Irigasi desa ini memanfaatkan air pegunungan, seperti yang dilakukan di Desa Sosokan Kecamatan Ulu Rawas,” kata Suhardiman.

Dijelaskannya, pembuatan jaringan irigasi desa itu juga dilaksanakan secara gotong royong oleh Poktan.

“Alhamdulillah, jaringan irigasi desa yang dibangun di Desa Sosokan, dengan panjang lebih kurang 800 meter dengan luas yang menerima manfaat lebih kurang 80 Hektare (Ha) sawah,” terang Suhardiman.

Ia yakin, dengan telah adanya jaringan irigasi desa, potensi untuk dibuka lahan persawahan perpipaan tersebut 125 Ha lagi.

“Mudah-mudahan dengan adanya jaringan irigasi desa ini bisa menambah hasil pertanian para petani. Lantaran kebutuhan pengairan sawah terpenuhi,”sebut dia.(12)

Rekomendasi Berita