oleh

IPM Meningkat, Angka Kemiskinan di Musi Rawas Menurun

LINGGAUPOS.CO.ID – Kabupaten Musi Rawas melawati tahun 2019 dengan berbagai catatan manis. Mulai dari bertaburnya penghargaan, pembangunan yang merata dan makin menggeliat serta berbagai pencapaian lainnya, diantaranya Angka Kemiskinan Menurun, IPM Meningkat dan hampir semua indicator positif mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Bupati Musi Rawas, H Hendra Gunawan (H2G) menghaturkan syukur atas pencapaian tersebut.

“Inilah keberhasilan kita yang sungguh luar biasa,” kata Bupati H Hendra Gunawan.

Semua ini menurutnya tidak lepas dari kerja seluruh jajaran dan masyarakat Musi Rawas yang mengusung Semangat AK5 (Ayo Kerja, Kerja, Kerja, Kerja dan Kerja). Menurutnya, di tengah kondisi ekonomi yang belum membaik, harga komoditas pertanian yang merupakan penghasilan utama hampir 68% penduduk Musi Rawas kurang menggembirakan, ternyata tidak membuat masyarakat Musi Rawas berputus asa.

“Tetapi sebaliknya mereka (masyarakat Musi Rawas) tetap dengan Semangat AK5 mencari tambahan sumber pendapatan, dengan berkreatifitas dan berinovasi . Semangat inilah yang membuat daerah ini semakin berkembang dan sejajar dengan daerah maju lainnya di Indonesia,” papar Bupati.

Selaras dengan itu komitmen pemerintah daerah untuk melaksanakan program dan kegiatan yang menyentuh lapisan masyarakat bawah di berbagai sektor pembangunan juga menunjukkan hasilnya.

“Insha Allah pencapaian ini akan menjadi semangat kita untuk terus berinovasi dan menjalankan program pro rakyat, guna menjadikan Musi Rawas sejajar dengan daerah maju dan berkembang serta terus membahana di Persada Nusantara ini,” pungkasnya.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Mura, DR Nanti Kasih mengutarakan, pihaknya telah mengumpulkan data-data terkait pencapaian berbagai indicator tersebut. Utamanya untuk angka kemiskinan di Musi Rawas mengalami penurunan yang cukup signifikan.

“Angka kemiskinan Musi Rawas per Maret 2019 mencapai 13,37 persen, turun dari sebelumnya (2018) 13,76 persen. Penurunan persentase kemiskinan Musi Rawas dibanding kabupaten dan kota se-Sumsel paling signifikan yakni sebesar 0,39,” papar Nanti Kasih.

Disampaikannya, ada enam kabupaten dan kota yang persentase kemiskinan meningkat dari 2018 ke 2019 diantaranya Pagaralam, Banyu Asin, Prabumulih, Empat Lawang, OKU, dan OI. Sementara diantara 17 kabupaten dan kota se-Sumsel, jumlah penduduk miskin yang berkurang hanya terjadi di lima daerah yakni OKI, PALI, Lahat, OKU Timur dan Musi Rawas dengan penurunan tertinggi sebesar 930 jiwa.

Selanjutnya untuk Indeks Pembangunan Manusia (IPM) atau Human Development Index (HDI) Musi Rawas mengalami peningkatan. Dimana IPM Musi Rawas pada 2019 sebesar 66,97, naik 0,79 dari tahun 2018 (66,18). Dengan kenaikan tersebut, peringkat Musi Rawas juga ikut merangkak naik dimana kini menjadi peringkat ke-11 (2018 peringkat 13).

“Untuk Usia Harapan Hidup pada 2019 menjadi 67,86 tahun dan Rata-rata Lama Sekolah pada tahun ini (2019) 7,51,” katanya seraya menambahkan untuk Angka Harapan Lama Sekolah 2019 sebesar 12,07 dengan Pengeluran per Kapita 9.840.000. (*)
Sumber: Panca Riatno/Musirawas Ekspres

Rekomendasi Berita