oleh

IPLT Pulo Emass Tak Difungsikan

LINGGAU POS ONLINE, EMPAT LAWANG – Instalasi Pengendapan Limbah Tinja (IPLT) di kawasan Pulo Emass, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang belum difungsikan.

Pantauan di lokasi, Minggu (10/2) belum ada tanda-tanda jika IPLT tersebut telah difungsikan. Namun pembangunannya tampak sudah 100 %.

Menanggapi hal ini Kepala Dinas Lingkungan Hidup Daerah (DLHD) Empat Lawang, Luqman Panggar Besy mengaku, jika IPLT tersebut sudah dilakukan serah terima dari pihak provinsi ke Pemkab Empat Lawang dalam hal ini DLHD Empat Lawang.

“Surat serah terima sudah ada. Tapi memang saat ini IPLT tersebut belum difungsikan. Sebab untuk difungsikan tersebut memerlukan dana, saat ini anggarannya kita belum ada,” kata Luqman, Minggu (11/2).

Kemungkinan, kata Luqman, untuk anggaran perubahan nanti pihaknya mendapatkan dana untuk memfungsikan IPLT tersebut.

“Jelas perlu dana untuk memfungsikan IPLT, seperti mobil pengangkut sampah atau kotoran itu harus ada anggaran. Semisal untuk gaji supir dan lain-lain,” ujarnya.

Namun lanjut Luqman, untuk kedepannya belum diketahui pasti dinas mana yang akan mengelola IPLT tersebut. Bisa saja tetap DLHD atau Dinas Kantor Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim).

“Untuk kedepannya mengenai dinas mana yang akan mengelola IPLT tersebut tergantung di Bupati,” tukasnya.

Sebelumnya diberitakan, adanya pembangunan IPLT di kawasan terpadu Pulo Emass Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang, menuai sorotan masyarakat. Beberapa diantaranya, menolak dengan tegas adanya pembangunan IKLP di kawasan itu, karena diduga tidak sesuai dengan rencana yang ada di masterplan pembangunan Pulo Emass.

“Saya bukannya menolak adanya pembangunan dari pihak manapun di kabupaten ini. Tapi, kalau melihat adanya bangunan IPLT di dekat bangunan Pasar Tradisional, saya pikir ini aneh saja. Masa, bangunan pengelolaan, kotoran manusia di dekat pasar,” cetus Rodi, salah seorang warga Tebing Tinggi. (04)

Rekomendasi Berita