oleh

Instruksikan Camat Verifikasi Ulang

Penerima Bantuan Sosial

LINGGAU POS ONLINE, MUSI RAWAS – Bupati Musi Rawas (Mura), H Hendra Gunawan pastikan, dalam penyaluran dan pemberian program bantuan dari pemerintah untuk masyarakat kurang mampu tepat sasaran.

Ia sudah menginstruksikan seluruh camat dan Kepala Desa (Kades) se-Kabupaten Mura, untuk memverifikasi ulang data warga miskin di masing-masing wilayahnya.

“Sebab masih banyak bantuan yang tidak tepat sasaran. Untuk itu, verifikasi ulang harus dilakukan, guna memastikan apakah masyarakat penerima bantuan tersebut, masih miskin atau tidak. Sehingga ini akan ter-update, bila perlu ditempel di kantor desa dengan bahasa yang agak sopan,” tegas Bupati, Rabu (16/5).

Program yang diperuntukkan oleh OPD, bisa diprioritaskan untuk warga yang benar-benar miskin dan berhak menerimanya. Sehingga dengan lebih tepat sasarannya penyaluran bantuan dan juga pekerjaan ini akan cepat selesai.

“Karena saya nilai bahwa bantuan yang selama ini digelontorkan masih banyak yang belum tepat sasaran. Sehingga belum kelihatan untuk tingkat keberhasilannya,” ungkapnya.

Sementara itu, Camat Muara Beliti, Doddy Irdiawan mengatakan, untuk data warga miskin, di mana pihak kecamatan memperolehnya dari OPD terkait, yang kemudian dilanjutkan kecamatan.

“Setelah di kecamatan kita lanjutkan ke desa, nah di desa sinilah yang akhirnya untuk mengecek ulang kebenaran data tersebut. Sehingga jika memang ada yang sudah tidak layak lagi atau tidak dikatakan miskin, desa yang mencoretnya,” ungkapnya.

Namun sesuai dengan instruksi dari Bupati meminta langsung untuk memverifikasi ulang data warga miskin, artinya ke depan pihaknya akan mengumpulkan seluruh kades untuk melakukannya.

”Jadi setelah diverifikasi ulang oleh desa, kita kecamatan melaporkan data akurat tersebut ke OPD terkait. Sebab dengan data yang akurat ini, pemerintah bisa memprioritaskannya dalam pemberian bantuan, sehingga akan tepat sasaran,” katanya. (11)

Rekomendasi Berita