oleh

Instalasi Air Bersih di Trans Subur Rusak

LINGGAU POS ONLINE – Akibat terjadi kerusakan pada instalasi pengolahan air bersih Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di kawasan Trans Subur Kecamatan Muara Lakitan. Menyebabkan air bersih di desa tersebut dan sekitarnya tidak teraliri air.

Kepala BLUD SPAM, Agus Hilman mengatakan bahwa kerusakan itu tidak bisa di perbaiki lagi sehingga material yang Rusak (AVR) perlu diganti. Sementara material penggantinya belum tersedia dan masih dalam proses pemesanan barang.

“Kami mohon maaf bahwa sementara pelayanan air bersih belum dapat kami jalankan sampai selesainya perbaikan, dan penggantian material yang waktunya belum dapat kami pastikan sampai kapan,” kata Agus Hilman kepada koran ini, Minggu (18/8).

Dirinya meminta agar masyarakat senantiasa menjaga volume penggunaan air. Sebab, PDAM tidak bisa memprediksi kapan terjadinya penurunan yang bisa berdampak kurangnya pasokan air yang mengaliri pipa jaringan ke rumah-rumah warga.

“Selain masalah di musim kemarau dan konstalasi kelistrikan, masalah yang kerap dihadapi adalah kerusakan jaringan pipa yang tertanam di dalam pendistribusian atau bahkan di bawah jalan beraspal karena invasif dari akar pohon trembesi,” ucapnya.

Dirinya juga berharap, para pelanggan ini punya persiapan cadangan bak penampung air. Ketika malam hari, menampunglah (air).

“Karena kita tidak bisa prediksi sekarang ini, kesulitan itu apa, sewaktu-waktu itu bisa terjadi,” harapnya.

Wiwan (40) warga Desa Trans Subur mengatakan di desanya tidak mengalir air sejak satu minggu yang lalu. Dikarenakan kondisi musim kemarau, maka kesulitan air bersih.

“Di sinikan banyak kebun sawit, jika mengharap air bersih di sungai itu sangat sulit sekali. Jadi kami hanya mengandalkan dari PAM saja,” kata Wiwan.

Wiwan berharap perbaikan pada instalasi yang rusak cepat diperbaiki. Sehingga warga dapat menikmati air bersih kembali, dan tidak bersusah payah lagi untuk mandi, minum dan lainnya. (dlt)

Rekomendasi Berita