oleh

Inovasinya Jadi Inspirasi Perempuan Muratara

Hj Gusti Rohmani, Wanita Terpilih Tahun 2017

Hj Gusti Rohmani kini memegang amanah sebagai Camat Rupit. Inovasi dan kebijakan-kebijakannya patut jadi teladan dan inspirasi perempuan Muratara.

Laporan Aspin Dodi, Rupit

USIANYA memang sudah mencapai 54 tahun. Namun siapa sangka spiritnya untuk mendedikasikan diri untuk masyarakat, tak pernah surut. Begitulah kilas gambaran sosok Hj Gusti Rohmani. Apa yang dilakukannya selama ini, tak hanya membanggakan sanak keluarganya. Namun perannya sebagai perempuan yang multi manfaat, juga patut jadi cerminan bagi ibu-ibu.

Berkat kebijakan-kebijakan yang pernah dilakukannya, pada Peringatan Hari Ibu (PHI) ke-89 tahun 2017 dan HUT Dharma Wanita Persatuan (DWP) Ke-18 , Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMD-P3A) memberikan penghargaan bagi lima perempuan karena dianggap menginspirasi dan dikenal inovatif. Salah seorang dari mereka adalah Hj Gusti Rohmani.

Hj Gusti Rohmani yang mengenakan kebaya biru dipadu jilbab warna merah muda ini, mengungkapkan rasa harunya. Ia mengaku tak menyangka, dinobatkan jadi wanita terpilih pada PHI tahun 2017 ini.

“Alhamdulillah, tidak tak menyangka kalau pada peringatan hari ibu ini terpilih sebagai salah satu wanita yang dianggap menginspirasi dan inovatif, tentunya saya bersyukur dan berterima kasih atas kepercayaan kepada saya,” tutur dia, Selasa (19/12).

Hj Gusti Rohmani menjelaskan, apa yang dijalankan, diprogramkan dalam berkegiatan, semuanya murni untuk kemajuan masyarakat.

“Saya berupaya untuk berbuat yang terbaik, walaupun terkadang berisiko tapi demi kemajuan seluruh masyarakat akan dijalankan. Kuncinya bekerja itu harus semangat, ikhlas, dan paling penting didukung oleh keluarga baik suami maupun anak-anak,” ungkapnya.

Menurutnya, sekalipun aktif di pemerintahan maupun masyarakat, sebagaimana tugas dan tanggung jawab selaku camat, tapi Gusti Rohmani menegaskan yang menjadi tugas yang paling utama adalah sebagai ibu rumah tangga baik sebagai istri maupun ibu anak-anak.
“Suksesnya karier, pekerjaan itu ditunjang oleh keluarga. Tapi dalam kesuksesan keluarga, bermasyarakat dan bernegara tidak terlepas dari peran perempuan,” jelas Gusti lagi.
Dalam kesempatan itu, Gusti Rohmani menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati HM Syarif Hidayat dan Wakil Bupati Muratara H Devi Suhartoni beserta DPMD-P3A Kabupaten Muratara yang mempercayai dan memilih sebagai perempuan inspiratif.

“Tentunya dengan adanya penghargaan ini akan menjadi motivasi baik secara pribadi untuk berbuat lebih baik lagi maupun menjadi motivasi para perempuan di Kabupaten Muratara,” imbuhnya.

Selain penghargaan sebagai wanita terpilih PHI tahun 2017, Gusti Rohmani membawa pihak kecamatan menjadi Juara P2WKSS tingkat kabupaten, Juara 10 program TP PKK, Juara GSI tingkat kabupaten.

Sementara pada saat menjabat sebagai Camat Rawas Ulu terpilih menjadi camat terbaik kedua tingkat kabupaten tahun 2017, dan memperoleh Penghargaan oleh Badan Keuangan Daerah lantaran dinilai sebagai kecamatan tercepat dalam pelunasan PBB tahun 2017 dan pada masa di Dinas KB pernah menjadi juara I GSI tingkat provinsi Sumatera Selatan tahun 2014 lalu. (*)

Komentar

Rekomendasi Berita