oleh

Ingatkan OPD Hindari Penyimpangan

Komisi III Panggil Mitra Kerja

LINGGAU POS ONLINE, PETANANG ILIR – Komisi III DPRD Kota Lubuklinggau, mengundang mitra kerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Lubuklinggau. Pemanggilan mitra ini, guna mensinergikan program-program yang ada di masing-masing OPD, Senin (15/11).

Ketua Komisi III DPRD Kota Lubuklinggau, Raden Syalendra menjelaskan beberapa OPD yang menjadi mitra mereka yakni Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPU-TR), Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim), Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda), Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPMPTSP), Kabag Keuangan, Kabag Pembangunan dan PDAM.

“Tujuan kita, tentunya ingin mensinergikan apa yang menjadi program di OPD yang menjadi mitra kami. Untuk itu saat rapat mitra tadi, kita minta masing-masing kepala OPD yang hadir, untuk memaparkan program serta Rencana Kerja mereka. Baik secara lisan maupun secara tertulis,” jelas Raden.

Apa yang mereka lakukan ini juga, menjalankan salah satu fungsi mereka yakni fungsi pengawasan.

“Untuk itu saat rapat tadi kita sampaikan ke masing-masing OPD agar ketika mulai melaksanakan program, tetap laksanakan sesuai RKA. Hindari adanya penyelewengan, dan tetap prioritaskan untuk meningkatkan pelayanan ke masyarakat. Karena yang melaksanakan APBD adalah pemerintah, melalui OPD yang ada,” tegas Raden.

Politisi PKB ini melanjutkan, pihaknya pun paham mengenai program.

“Namun rapat mitra kita laksanakan, semata-mata untuk mensinergikan antara eksekutif dan legislatif ketika sudah memasuki tahap pelaksanaan program. Yang kita hindari, jangan sampai ada program yang mereka (OPD, red)laksanakan, tetapi tidak diketahui oleh kita. Sementara kita memiliki fungsi pengawasan.

Pihaknya pun, sempat berdialog dengan pihak PDAM. Terutama mengenai kendala yang ada saat ini, serta kelihan-keluhan yang banyak disampaikan oleh masyarakat, terutama pelanggan PDAM terkait pelayanan yang belum maksimal.

“Kendala PDAM tetap di keterbatasan anggaran, serta mesin pompa dan yang sudah tua. Untuk itu kita sampaikan ke pihak PDAM, untuk tetap berupaya semaksimal mungkin berikan pelayanan yang terbaik ke pelanggan mereka. Disamping, kita mencari solusi untuk bagaimana kedepannya agar pelayanan PDAM bisa jauh lebih maksimal, dan sesuai dengan apa yang diharapkan oleh masyarakat,” ungkapnya. (09)

Komentar

Rekomendasi Berita