oleh

Ingat, 27 Juni 2018 TPS Buka Pukul 07.00 WIB

LINGGAU POS ONLINE, KAYU ARA – Rabu 27 Juni 2018 pukul 07.00 WIB pemilih bisa langsung menggunakan hak pilihnya. Kabar ini disampaikan Divisi Teknis KPU Kota Lubuklinggau, Gatot Widjianto, kemarin.

Namun, syarat memilih harus terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan membawa formulir C6 KWK yang sudah dibagikan Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS).

Menurut Gatot, untuk masyarakat yang lupa membawa C6 KWK, tapi terdaftar dalam DPT tetap bisa menggunakan hak pilihnya mulai pukul 07.00 WIB-13.00 WIB.

Ketika datang ke TPS menunjukkan KTP Elektronik (KTP-El) ke anggota KPPS, dan anggota KPPS langsung melakukan pengecekan, ketika dinyatakan terdaftar maka yang bersangkutan langsung bisa menggunakan hak pilihnya.

Tapi, kalau hasil pemeriksaan tidak terdaftar maka harus menunggu pukul 12.00 WIB untuk menggunakan hak pilihnya. Kemudian, pemilih yang numpang memilih atau pindahan membawa formulir A5 masih satu wilayah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) maupun Kota Lubuklinggau bisa langsung menggunakan hak pilihnya.

Dengan syarat, membawa formulir A5 dan KTP-El, atau A5 saja. Tapi, kalau tidak membawa A5 tidak bisa memilih.

“Untuk pemilih yang membawa KTP-El maupun Surat Keterangan, tetap bisa menggunakan hak pilihnya pada pukul 12.00 WIB-13.00 WIB,”kata Gatot Widjianto, Senin (25/6).

Menurut Gatot Widjianto, mengenai jumlah TPS untuk Pilkada serentak 2018 ada 376 tempat. Jumlah tersebut, tidak mengalami penambahan dan memang tidak ada TPS khusus, walaupun di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Klas II A Lubuklinggau.

Tapi, penghuni Lapas yang merupakan warga binaan tetap bisa menggunakan hak pilihnya, karena akan didatangi TPS terdekat, yakni TPS 5 Kelurahan Ulak Lebar, Kecamatan Lubuklinggau Barat II. Jadi, mereka memilih tetap di dalam Lapas. Hal serupa untuk Rumah Sakit Siti Aisyah (RSSA), Rumah Sakit Dr Sobirin dan Rumah Sakit AR Bunda, semuanya didatangi TPS terdekat.

Sekedar informasi, Calon Walikota Lubuklinggau nomor urut 1, H Toyeb Rakembang terdaftar sebagai pemilih di TPS 4 Kelurahan Ulak Surung, Kecamatan Lubuklinggau Utara II. Calon Wakil Walikota nomor urut 1, Sofian terdaftar di TPS 2 Kelurahan Air Kuti, Kecamatan Lubuklinggau Timur I. Kemudian, Calon Walikota Lubuklinggau nomor urut 2, H SN Prana Putra Sohe terdaftar di TPS 1, Kelurahan Sukajadi, Kecamatan Lubuklinggau Barat I. Calon Wakil Walikota Lubuklinggau nomor urut 2, H Sulaiman Kohar di TPS 1 Kelurahan Watervang, Kecamatan Lubuklinggau Timur I.

Selanjutnya, Calon Wakil Walikota Lubuklinggau nomor urut 3, H Rustam Effendi terdaftar di TPS 5 Kelurahan Watervang, Kecamatan Lubuklinggau Timur I. Sedangkan Wakilnya, Riezky Aprilia tidak memilih, karena terdaftar sebagai warga DKI Jakarta.(01)

Rekomendasi Berita