oleh

Indukan Sapi Wajib Bunting

LINGGAU POS ONLINE, CURUP – Kabid Peternakan Dinas Pertanian Kabupaten Rejang Lebong, Hendra menjelaskan kementerian pertanian pusat melalui dinas di tingkat kabupaten mewajibkan indukan Sapi untuk bunting.

Tujuannya tak lain, meningkatkan produksi ternak Sapi khususnya di Kabupaten Rejang Lebong. Pasalnya saat ini tak sedikit indukan Sapi mengalami gangguan. Sehingga memengaruhi buntingan pada sapi tersebut.

Salah satu upaya dilakukan agar indukan sapi bunting yakni dengan kawin suntik yang diberikan secara gratis pada kalangan peternak yang memiliki indukan gratis. Kawin suntik ini diberikan gratis,” jelas Hendra.

Namun, kata Hendra, sebelum dilakukan kawin suntik jika ada gangguan terhadap indukan sapi memang perlu diobati dulu.

Menurutnya, di Kabupaten Rejang Lebong, per tahunnya setidaknya ada sekitar 300 indukan sapi yang bunting dan melakukan reproduksi.

Tapi, sambung Hendra, diperkirakan jumlah sapi indukan di Rejang Lebong melebihi jumlah disebabkan gangguan reproduksi. Dengan adanya kawin suntik yang sudah berjalan produksi Sapi di Kabupaten Rejang Lebong bisa meningkat.

Sebab, bukan tidak mungkin kalangan peternak sapi mengalami kerugian, jika indukan Sapi yang dimilikinya tidak bisa berproduksi. Ia menambahkan dalam melakukan kawin suntik ini tentu yang sudah memenuhi kriteria, salah satunya umurnya sudah cukup untuk bunting. (09)

Komentar

Rekomendasi Berita