oleh

Imigrasi Terbitkan 4.813 Paspor

MUSI RAWAS – Selama 2018, Unit Kerja Keimigrasian (UKK) Kantor Imigrasi Kelas II Muara Enim di Kabupaten Musi Rawas (Mura) menerbitkan 4.813 paspor.

Demikian dijelaskan Kepala UKK Kantor Imigrasi Kelas II Muara Enim di Kabupaten Mura, Radian Hilman, Jumat (11/1).

Dijelaskannya, 4.813 itu termasuk paspor haji, umrah, jalan-jalan dan lainnya. Rincinya Januari sebanyak 39 paspor, Februari 512, Maret 506, April 358, Mei 199, Juni 132, Juli 474, Agustus 379, September 708, Oktober 453, November 571 dan Desember 482 (lihat tabel).

Dijelaskannya jangkauan masyarakat yang membuat paspor di Musi Rawas, mencakup kabupaten/kota di tiga provinsi.

Provinsi Sumsel, mencakup Musi Rawas, Lubuklinggau, Muratara, Musi Banyuasin, Empat Lawang dan Pagar Alam.

Sementara untuk Provinsi Jambi mencakup Kabupaten Sarolangun dan Kabupaten Merangin. Kemudian Provinsi Bengkulu ada tiga kabupaten yakni, Rejang Lebong, Lebong dan Kepahiang.

“UKK Kantor Imigrasi ini bukan hanya untuk melayani fungsi pelayanan, tapi juga untuk pengawasan izin tinggal dan sebagainya,” kata Radian Hilman.

Rata-rata setiap hari, ditambahkan Radian, pihaknya melayani masyarakat membuat paspor dalam satu hari mencapai 15 hingga 20 orang.

“Yang banyak membuat paspor itu umrah. Kami targetkan saat Ramadhan nanti, pembuatan paspor umrah membludak,” ucap Radian Hilman.

Mengenai syarat membuat paspor, untuk yang ingin jalan-jalan, cukup KTP, KK, akta atau ijazah. Sedangkan yang umrah dan haji, syaratnya sama dengan paspor jalan-jalan, ditambah surat rekomendasi dari travel dan Kemenag.

“Kalau untuk paspornya sama, hanya proses pembuatannya saja berbeda. Dan paspor digunakan hanya satu kali,” terang Radian.

Menurutnya, pengurusan paspor akan tetap dipermudahkan Imigrasi, sesuai aturan yang berlaku. Sebab, siapa pun berhak membuat paspor, asalkan memenuhi semua persyaratan.

“Ya, kita harap adanya UKK Kantor Imigrasi yang permanen, karena kantor kita ini masih menumpang dengan Pemda. Sedangkan, antusias masyarakat membuat paspor sangat banyak,” harap pria tinggi ini. (dlt)

Rekomendasi Berita