oleh

Imbau Kades dan Lurah Aktifkan Puskesos

MUSI RAWAS – Kepala Desa (Kades) dan Lurah di Kabupaten Musi Rawas (Mura) harus mengaktifkan dan mendukung Pedoman Teknis Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos) dengan telah terbentuknya Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu (SLRT). Hal tersebut disampaikan Bupati Mura, H Hendra Gunawan kepada koran ini, Jumat (28/12).

Menurut Hendra, setiap Desa/Kelurahan harus memiliki data kemiskinan, sehingga dapat mengetahui kebutuhan masyarakat miskin. Hal ini dilakukan agar program penanggulangan kemiskinan tepat sasaran, yang akhirnya membantu mengurangi angka kemiskinan di Kabupaten Mura.

Puskesos merupakan SLRT di tingkat Desa/Kelurahan wajib membantu mengidentifikasi kebutuhan masyarakat miskin dan rentan serta, kemudian menghubungkannya dengan program perlindungan kemiskinan. Pemerintah maupun Pemdes sesuai dengan kebutuhannya, harus membantu updating data kemiskinan.

“Saya menekankan kepada Camat, Lurah dan Kades untuk memberikan perhatian yang serius tentang data kemiskinan,” kata Hendra.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Mura, Agus Susanto menjelaskan bahwa SLRT adalah terobosan baru dalam penanggulangan masalah kemiskinan dan masalah sosial lainnya.

Menurutnya, pihaknya membantu orang miskin dengan mendata dan melaporkan serta pelayanan, perlu validasi data bila tidak sesuai (data orang yang mengaku miskin padahal tidak), dan dapat dilepaskan (coret).

“Jadi harus betul-betul sesuai dengan keadaan yang bersangkutan, apakah benar-benar miskin atau tidak,” kata Agus Susanto. (dlt)

Rekomendasi Berita