oleh

Ikut LKAD untuk Penuhi Syarat Internal

Bacaleg PAN Tingkatkan Kualitas

Guna meningkatkan kapasitas dan kualitas kader dan Bakal Calon Legislatif (Bacaleg), Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) menggelar Latihan Kader Amanat Dasar (LKAD).

Laporan Aan Sangkutiyar, Lubuk Kupang

MENYADARI bahwa peningkatan kualitas dan kapabilitas kader merupakan hal yang penting, DPD PAN Kabupaten Muratara laksanakan LKAD, Jumat (7/9). Ada 20 Bacaleg yang sudah diajukan ke KPU Muratara, serta tujuh pengurus tingkat kecamatan yang belum mengikuti LKAD.

Mengingat pentingnya LKAD bagi Bacaleg, maka DPD PAN Lubuklinggau, Musi Rawas dan Empat Lawang mengirimkan peserta untuk mengikuti LKAD. Rinciannya, dari Kabupaten Musi Rawas 12 peserta, Kota Lubuklinggau 15 peserta dan Kabupaten Empat Lawang 15 peserta.

Ketua DPD PAN Kabupaten Muratara, Ahmad Bastari menjelaskan, LKAD sudah merupakan kewajiban bagi seluruh Bacaleg yang diajukan PAN, karena akibat belum mengikuti LKAD dapat membuat Bacaleg gagal dilantik, walaupun sudah terpilih.

“LKAD syarat internal untuk Bacaleg dari PAN. Kalau tidak mengikuti LKAD akan jadi masalah, karena dianggap tidak memenuhi syarat,” jelas Ahmad Bastari.

Mengenai, tidak semua Bacaleg mengikuti LKAD, karena sebagian diantara mereka sudah mengikuti LKAD sebelumnya, jadi tidak perlu ikut lagi. Kemudian, LKAD dilakukan setiap tahun, memang hampir 70 persen Bacaleg yang diajukan PAN sudah mengikuti LKAD, apalagi yang sudah dua sampai tiga kali ikut pencalonan.

Menurut Bastari sapaan akrabnya, dalam LKAD juga dikenalkan segala sesuatu yang berkaitan dengan internal partai, AD/ART, sejarah berdirinya lambang partai dan segala sesuatu yang berkaitan dengan PAN.

Kemudian, kerja-kerja politik modern tidak hanya menuntut pemahaman terhadap ideologi, platform,visi dan misi partai. Namun juga keterampilan-keterampilan praktis yang menunjang keberhasilan kerja-kerja politik partai

Ketua Pelaksana LKAD, Randa Alala menjelaskan LKAD dilakukan selama tiga hari, yakni mulai 7-9 September 2018 dengan narasumber dua orang Wakil Sekjen DPP PAN, Tanti dan Pete Simon serta perwakilan dari DPW PAN Sumsel, Arianto.

“Harapan kita kader PAN memiliki militansi tinggi terhadap partai, dan berjuang untuk membesarkan partai,” harapnya.(*)

Rekomendasi Berita