oleh

Ikhsan Roni : KemenPAN RB Belum Siap

Adakan Penerimaan CPNSD

LINGGAU POS ONLINE, KAYU ARA – Hingga Rabu (25/7), Badan Kepegawaian dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Lubuklinggau, belum menerima Petunjuk Teknis (Juknis) dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB) terkait penerimaan CPNSD. Baik formasi, tempat pelaksanaan, maupun mekanisme seleksi.

Padahal, Pemerintah Kota (Pemkot) Lubuklinggau sudah mengajukan 500 formasi ke KemenPAN RB sejak akhir 2017 lalu. Diantaranya, 300 untuk formasi guru, 100 tenaga kesehatan, dan 100 untuk formasi teknis.

Pengajuan formasi sesuai dengan analisa jabatan yang dilakukan BKPSDM Kota Lubuklinggau. Menurut Kepala BKPSDM Kota Lubuklinggau, H Ikhsan Roni, KemenPAN RB belum siap mengadakan tes CPNSD.

“Pemerintah daerah sudah siap, tapi pusat (KemenPAN RB,red) beserta Kementerian Keuangan RI belum siap untuk menggaji ASN baru,” cetus Ikhsan Roni kepada wartawan Linggau Pos, Rabu (25/7).

Ditambahkan Ikhsan Roni, hal ini dapat di lihat alotnya pembahasan KemenPAN RB terkait kuota atau formasi yang akan disetujui. Padahal, sebelumnya KemenPAN RB menginstruksikan Pemerintah Daerah (Pemda) untuk melakukan analisis jabatan sebelum mengajukan.

“Kalau sudah dilakukan analisis jabatan, itu artinya apa yang diajukan itulah yang dibutuhkan,” tegas Ikhsan Roni.

Sekda Kota Lubuklinggau, H Rahman Sani mengakui beberapa pekan terakhir sudah banyak pemberitaan lewat Media Sosial (Medsos) adanya penerimaan CPNSD. Padahal Pemkot Lubuklinggau saja belum menerima Juknis.

Mantan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Lubuklinggau ini mengimbau masyarakat untuk tidak langsung percaya. Apalagi jika ada oknum yang menjanjikan bisa membantu meluluskan seleksi.

“Sudah banyak berita hoaks, dikhawatirkan dimanfaatkan oknum untuk menipu. Sampai saat ini belum ada kepastian kapan, di mana, dan berapa banyak kuota. Kalaupun ada pasti diumumkan lewat media massa, dan situs resmi Pemkot Lubuklinggau,” jelas Rahman Sani. (07)

Rekomendasi Berita