oleh

Ijazah Tiga Bakal Paslon Sudah Diverifikasi KPU

“Hasil verifikasi ijazah, merupakan salah satu syarat untuk menetapkan siap-siapa saja yang berhak ikut Pilkada,” kata Divisi Teknis KPU Kota Lubuklinggau, Gatot Widjianto.

LINGGAU POS ONLINE, PALEMBANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Lubuklinggau, sudah berbagi tugas untuk melakukan penelitian ijazah terhadap tiga Bakal Pasangan Calon (Paslon) yang sudah mendaftar untuk jadi peserta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

Ketua KPU Kota Lubuklinggau, Efriadi Suhendri mendapat amanah untuk mengkroscek ijazah dari Sofian dan Riezky Aprilia. Divisi SDM dan Parmas, Debi Arianto bersama Divisi Logistik, Efrizal kebagian mengkroscek ijazah H Rustam Efendi. Sedangkan, Divisi Hukum yakni Lukman Hakim, mengkroscek ijazah H Toyeb Rakembang di Padang. Sementara Divisi Teknis Gatot Widjianto, mengkroscek ijazah dari H SN Prana Putra Sohe-H Sulaiman Kohar.

Menurut Gatot Widjianto, dari hasil verifikasi ijazah yang telah dilakukannya di Universitas Negeri Sriwijaya (Unsri), baik H SN Prana Putra Sohe maupun H Sulaiman Kohat, tercatat sebagai alumni Unsri.

“Nanan tercatat alumni Sospol dan pak Sulaiman alumni hukum,” kata Gatot Widjianto, Minggu (14/1).

Bahkan, dilanjutkan Gatot, saat diverifikasi ke SMA Negeri 2 Kota Palembang, H SN Prana Putra Sohe terdaftar, dan merupakan alumni tahun 1982. Sedangkan H Sulaiman Kohar, merupakan alumni SMA di Curup, dan akan segera diverifikasi ke sana.

“Hasil dari verifikasi ini, salah satu dasar untuk menetapkan mereka dari bakal calon, jadi calon. Untuk ditetapkan jadi peserta Pilkada, selain hasil pemeriksaan kesehatan yang sudah dilakukan Himpsi, BNN dan IDI,” jelasnya.

Jadi, ditambahkan Gatot kalau dari hasil verifikasi ijazah ini ditemukan ada keganjilan, terhadap ijazah salah satu bakal Paslon. Maka, ijazah yang bersangkutan akan diverifikasi sampai tingkat SD.

“Tapi, berdasarkan koordinasi dengan rekan-rekan komisioner lainnya, tidak ada keganjilan terhadap berkas para bakal Paslon. Tapi, untuk saat ini kita belum bisa memastikan semua itu, karena hasil verifikasi yang telah dilakukan ini akan disampaikan dalam rapat pleno,” ungkapnya.

Sementara itu, komisioner Panwaslu Kota Lubuklinggau, Bahusi yang ikut memverifikasi ijazah H Toyeb Rakembang di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) menjelaskan kalau yang bersangkutan tercatat alumni di sana, baik di MAN Gunung yang berada di Padang Panjang, maupun di IAIN Imam Bonjol.

“Berdasarkan verifikasi, ijazah Toyeb valid,” jelasnya. (11)

Komentar

Rekomendasi Berita