oleh

Ifan Seventeen Mau Pensiun dan Jadi Ustadz Setelah Tsunami?

JAKARTA – Cobaan hidup yang menimpa Ifan Seventeen tidaklah mudah. Selain kehilangan sahabat-sahabatnya di Seventeen ia juga kehilangan istri tercintanya Dylan Sahara saat tragedi tsunami Selat Sunda, Sabtu malam (22/12).

Peristiwa bencana itu membuat Ifan terus berusaha menguatkan diri untuk menerima kenyataan. Dia pun belum siap kembali ke panggung musik karena masih merasa terpukul.

Agar tak terus terpuruk dalam kesedihan, salah satu cara yang dilakukannya adalah dengan mengikuti kajian keislaman dan pengajian. Dilihat dari akun Instagram Ifan Seventeen kerap mengunggah foto bersama teman-teman aktris lainnya dalam acara kajian.

Aktivitas terbaru Ifan yang semakin mendekatkan diri pada agama ini pun menimbulkan pertanyaan netizen. Ada yang menduga vokalis dengan nama asli Riefian Fajarsyah itu akan pensiun dari dunia musik dan beralih profesi menjadi ustadz.

Namun saat kabar tersebut dikonfirmasi, pihak manajemen membantahnya. “Tidak ada pembicaraan seperti itu,” kata Yulia Dian manajemen Seventeen saat dihubungi Fajar Indonesia Network, Minggu (6/1).

Dikatakan Dian, Ifan Seventeen memang kerap ikut kajian-kajian keislaman bersama rekan-rekan aktris seperti Teuku Wisnu, Arie Untung, Toger Danuarta, Rizal Armada, Dude Herlino, Mario Irwinsyah, Ade Jigo, Dimas Seto dan ustadz populer Muzammil Hasballah. Dan bukan hanya saat sekarang saja, sebelum tsunami menewaskan sahabat-sahabat dan istrinya, musisi asal Yogyakarta itu sudah kerap ikut kajian.

“Sebenarnya dari sebelum-sebelumnya juga memang sudah lama ikut kajian. Ada dia seminggu sekali sama Arie Untung,” ujarnya.

Dian juga mengungkapkan pada awal 2018, Ifan dan Herman Sikumbang (gitaris Seventeen) sempat ikut Pondok Pesantren Demak. “Bahkan awal tahun lalu bersama alharhum kak Herman mereka ikut ponpes di Demak,” katanya.

Seperti diketahui, grup musik yang lahir pada 1999 ini hanya menyisakan satu personel yakni sang vokalis, Ifan Seventeen. Meskipun kini hanya ada satu orang, sejumlah musisi mendukung Ifan terus melanjutkan bandnya.

Bukan hanya mendukung eksistensi band asal Yogyakarta itu, beberapa musisi bahkan siap menggantikan posisi personel Seventeen yang meninggal karena tsunami. Salah satu musisi, Erix Soekamti siap menempati posisi bassist Seventeen yang sebelumnya dilakukan Bani.

Menanggapi hal ini, perwakilan manajemen Seventeen, Yulia Dian mengatakan bahwa Ifan dan manajemen Seventeen sudah membicarakan langkah selanjutnya yang akan ditempuh. Dengan harapan agar band beraliran pop rock ini tetap hidup.

“Ifan sudah membicarakan kelanjutan Seventeen dengan manajemen. Kami akan melakukan sesuatu agar brand Seventeen tetap hidup. Semua kami tampung dulu karena ya keluarga Seventeen yang ditinggalkan juga harus tetap hidup,” kata Dian.

Kendati demikian, lanjut Dian, kondisi Ifan saat ini masih terguncang dan butuh waktu untuk menguatkan diri dan kembali ke panggung musik. Trauma dan kesedihan atas kehilangan orang-orang terdekatnya sangat mengguncang kehidupan musisi asal Yogyakarta ini.

“Hingga saat ini Ifan belum sanggup untuk kembali bernyanyi. Dan kami masih belum tahu juga sampai kapan. Ya masih berduka mba. Dia masih belum sanggup menghadapi musik-musik Seventeen,” tutup Dian. (dim/din/fin)

Rekomendasi Berita