oleh

Hutan Lindung yang Terbakar di Bukit Cogong Capai 5 Hektar

LINGGAU POS ONLINE – Luasan hutan lindung yang terbakar di Bukit Cogong Desa Sukakarya Kecamatan STL Ulu Terawas Kabupaten Musi Rawas, mencapai 5 hektare. Demikian diungkapkan Kepala UPTD Wilayah XIII KPH Lakitan Bukit Cogong Edi Cahyono kepada Linggau Pos Online, Senin (16/9/2019).

Ia menjelaskan, sesuai laporan dari Ketua Hutan Kemasyarakatan (HKM) Nibuansyah, kebakaran mulai terjadi Minggu (15/9/2019) sekitar pukul 17.00 WIB. “Laporan dari HKM kebakaran mulai terlihat sejak pukul 17.00 WIB sampai malam hari,” jelasnya.

Menurut Edi kebakaran diduga akibat gesekan pohon dan ranting kayu. “Jadi  bukan karena perbuatan manusia. Karena lokasi kebakaran adalah areal bebatuan dan tidak ada akses jalan. Sehingga tidak ada kegiatan budidaya tanaman dan aktivitas masyarakat disana,” ia menjelaskan.

Ditambah lagi, angin kencang dan udara panas, makanya kebakaran meluas hingga api membesar. “Yang kebakar adalah semak belukar dan pepohon yang berada di sekitar areal bebatuan. Wilayah itu tepatnya masuk ke Hutam Kemasyarakatan (HKM) Wanamanunggal,” tambah Edi.

Kendati api sudah padam dengan sendirinya, Senin (16/9/2019) sekitar pukul 09.00 WIB. Dijelaskan Edi pihaknya masih siaga, jika terjadi kebakaran lanjutan. “Kami juga imbau kepada warga, agar hati-hati karena kebakaran bisa saja kembali terjadi,” imbaunya. (*)

Laporan Endang Kusmadi

Rekomendasi Berita