oleh

HUT RI Pengunjung Bukit Kaba Ramai

LINGGAU POS ONLINE – Pada perayaan Kemerdekaan RI tepatnya 17 Agustus mendatang, diprediksi jumlah kunjungan ke puncak Bukit Kaba bakal ramai.

“Biasanya tiap 17 Agustus ramai di Bukit Kaba,” ungkap Sigit Widianto Kepala kantor Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Gunung Api Kaba.

Menurut Sigit, pengunjung yang datang untuk mendaki Bukit Kaba baik warga luar daerah maupun lokal baik perseorangan maupun secara berkelompok. Namun, sambungnya, sejauh ini pihaknya belum mengetahui apakah ada kelompok atau organisasi yang akan mengadakan kegiatan di puncak Bukit Kaba.

“Biasanya mendekati hari H ada tembusan ke kita kalau ada kegiatan di puncak Bukit Kaba, saat ini belum ada informasi, mungkin nanti mendekati hari H,” papar Sigit.

Bagi pengunjung Bukit Kaba, harap Sigit, diharapkan untuk tidak mendekati kawah.

“Kita memberikan rekomendasi agar pengunjung tidak mendekati kawah karena khawatir jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, apalagi pada saat musim hujan, meski saat ini dalam kondisi normal,” tutur Sigit.

Sigit juga mengaku, pihaknya terus melakukan pemantauan terhadap aktivitas Bukit Kaba.

“Kalau pemantauan ke puncak Bukit Kaba kita terus lakukan kadang sebulan dua kali, termasuk pengecakan peralatan yang ada di puncak Bukit Kaba,”tambah Sigit. (sam)

Rekomendasi Berita