oleh

HUT ke-14, Empat Lawang Fokus Pembangunan Ekonomi Kerakyatan

LINGGAUPOS.CO.ID – Memperingati hari jadi kabupaten Empat Lawang yang ke-14, pada Rabu (21/4/2021) DPRD Empat Lawang melaksanakan Rapat Paripurna di gedung serbaguna Pemkab Empat Lawang.

Kegiatan tersebut dihadiri langsung, Gubernur Sumatera Selatan, DPRD Provinsi, Bupati dan Wakil Bupati Empat Lawang, DPRD Empat Lawang, segenap OPD, TNI-Polri, Camat, hingga Kades se-Empat Lawang.

Ketua DPRD Empat Lawang Persi menyoroti anggaran APBD kabupaten Empat Lawang yang dimana belum bisa berbuat banyak dan masih fokus ke pembangunan infrastruktur.

“Anggaran APBD 1 triliun lebih sedikit, dimana Empat Lawang masih fokus membangun infrastruktur dan belum bisa berbuat banyak agar kemudian bisa sejajar dengan kota ataupun kabupaten lainnya di Sumsel, ” Kata Persi.

Bupati Empat Lawang, H. Joncik Muhammad dalam sambutannya menyampaikan saat ini pemerintahan Empat Lawang masih fokus pada peningkatan keamanan, karena apabila kemanan telah tercipta maka langkah menuju Empat Lawang makmur akan semakin mudah.

“Hingga hari ini kita masih fokus untuk menghadirkan keamanan di Empat Lawang salah satu usaha yang telah kami lakukan yakni berhasil menekan kasus kriminal dengan menghadirkan Satpol PP desa yang dimana jika pada 2019 ada 154 kasus maka pada 2020 turun menjadi 70 kasus, yang tentunya tetap menjalin sinergitas dengan TNI-Polri,” ucap Joncik dalam sambutannya.

Selain itu Joncik juga mengatakan, bahwa Pemkab Empat Lawang menfokuskan pembangunan dengan basis ekonomi kerakyatan yang lebih banyak melakukan pembangunan infrastruktur untuk talang-talang dan desa-desa.

Dalam hal pembangunan infrastruktur lebih fokus pada basis ekonomi kerakyatan berupa pembagunan jalan-jalan yang ada di pelosok desa dan talang serta irigasi untuk pertanian,” kata Joncik.

Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru juga dalam sambutannya menyampaikan guna mempercepat pembangunan infrastruktur di kabupaten Empat Lawang, bantuan dari Provinsi di setiap tahunnya selalu naik.

“Khusus untuk Empat Lawang ada kenaikan jumlah dana bantuan dari provisi, dimana jika 2019 ada Rp94 miliar maka pada 2020 ditambah menjadi Rp134 miliar, hal itu dilakukan untuk mempercepat pembangunan infrastruktur di Empat Lawang,” kata Herman Deru.

Pada sambutan itu Herman Deru juga menyampaikan pujiannya untuk kekompakan yang selalu ditunjukkan oleh kabupaten Empat Lawang dibawah kepemimpinan Joncik Muhammad.

“Saya kagum dengan kekompakan yang ditunjukkan oleh Empat Lawang dan Joncik, seperti kemarin pasca musibah putusnya jembatan Sungai Air Bayau di Lintang, Joncik langsung menghadap saya untuk kemudian mencari solusi bersama,” ujar Herman Deru.(*)

Rekomendasi Berita