oleh

Hujan, Tiang Listrik Terseret Arus Sungai, 13 Desa Padam

LINGGAU POS ONLINE – Sebuah tiang jaringan listrik PLN di Desa Mandi Angin, Kecamatan Rawas Ilir, Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) roboh terbawa longsor akibat luapan air Sungai Rawas.

Sebelumnya Sabtu, (19/10/2029) sore hujan deras mengguyur wilayah Kabupaten Muratara, akibat hujan yang cukup Desar dan berlangsung lama volume sungai Rawas mengalami peningkatan hingga menyebabkan terjadinya longsor.

“Tiang listrik roboh jatuh kesungai, karena terbawa longsor,” kata Diki warga sekitar, Minggu (20/10/2019.)

Berdasarkan pantauan di lapangan akibat robohnya tiang PLN tersebut, listrik di 13 desa/kelurahan di Kecamatan Rawas Ilir terjadi pemadaman.

Sementara itu Arifin warga Desa mandi angin membenarkan sebuah tiang jaringan listrik di desanya roboh ke Sungai Rawas.

Dikatakan Arifin bahwa tiang itu memang sudah sangat dekat dengan sungai, karena lokasi tersebut sering terkikis longsor

“Dulu jarak tiang cukup jauh, namun karena sering longsor menyebabkan letak tiang semakin dekat sungai, hingga akhirnya semalam roboh,” kata Arifin

Menurut dia, kondisi tebing sungai yang semakin tergerus itu sudah dilaporkan pemerintah desa setempat kepada Pemkab Muratara, Bahkan Bupati Muratara Syarif Hidayat sendiri sudah mengecek langsung kondisi tebing sungai tersebut.

“Belum lama ini Pak Bupati sudah lihat langsung tebing itu,” ujar Arifin.

Tebing sungai tersebut semakin tergerus lantaran dipicu terjangan air dari hulu yang terus menghantam tebing pasalnya kondisi sungai berbentuk tikungan ditambah arus yang deras terutama saat volume sungai meningkat.

“Kondisi sungai ini di tikungan, jadi air dari hulu itu menghantam terus, makanya tebingnya terkikis longsor,” terang Arifin. (*)
Laporan Fahmilan Jadidi

Rekomendasi Berita