oleh

Home Industry Senpi di Musi Rawas Terungkap

LINGGAUPOS.CO.ID – Petugas Polsek Muara Lakitan berhasil mengungkap home industry (industri rumahan) pembuatan senjata api (senpi) rakitan. Tersangkanya adalah Zainal Aripin alias Arip (42) warga Dusun 2 Blok B Desa Pelita Jaya Kecamatan Muara Lakitan Kabupaten Musi Rawas.

Seperti diketahui sebelumnya, Zainal Aripin alias Arip ditangkap petugas Polsek Muara Lakitan, Rabu (2/6/2021) sekitar pukul 07.00 WIB di rumahnya. Ia awalnya ditangkap dalam kasus pencurian buah sawit.

Kapolres Musi Rawas AKBP Efrannedy melalui Kapolsek Muara Lakitan AKP M Romi menjelaskan, karena didapat informasi bahwa pelaku juga memiliki dan menyimpan senjata api rakitan di rumahnya, maka dilakukan penggeledahan pada Kamis (3/6/2021) sekitar 00.30 WIB.

“Awalnya tersangka ditangkap dalam kasus pencurian dengan kekerasan. Namun karena terungkap juga menjadi perakit senpi, makanya Kamis dinihari kami lakukan penggeledahan,” tambah Kapolsek.

Kapolsek bersama Kanit Reskrim Ipda Joni Jamaris dan anggota, saat penggeledahan menemukan empat pucuk senpi rakitan laras panjang. “Senpi disimpan di kandang kambing, yang jaraknya 5 meter dari rumah,” jelas Kapolsek.

Empat pucuk senpi itu, satu disimpan di bawah tumpukan pelepah sawit di bawah kandang kambing dan tiga pucuk disimpan di bagian atas kandang kambing.

“Saat kami melakukan penggeledahan di dalam rumah, ditemukan peralatan lengkap dan bahan-bahan pembuatan senpi rakitan,” tambah mantan Kapolsek Megang Sakti ini.

Sementara itu dalam pemeriksaan, kepada petugas tersangka Zainal Aripin mengakui empat pucuk senpi rakitan, peralatan lengkap dan bahan-bahan pembuatan senpi rakitan tersebut memang miliknya. “Dia mengakui merakit sendiri senjata api rakitan tersebut sejak 2020 lalu,” jelasnya.(*)

BERITA SEBELUMNYA: Kepergok Maling, Ancam Tembak dan Tabrak Korban

Rekomendasi Berita