oleh

HOAX: TNI Berfoto Sambil Mengacungkan Dua Jari?

JAKARTA – Sejumlah foto yang memperlihatkan anggota TNI dan Polri berpose dua jari, yakni ibu jari dan telunjuk menjadi. Dalam narasi yang menyertainya, foto tersebut diklaim sebagai bentuk dukungan anggota TNI-Polri kepada Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden (Capres dan Cawapres) Nomor Urut 02.

Salah satu sumber yang memposting gambar ini bernama akun Putry Khayalan. Postingan akun anonim ini telah dibagikan lebih dari 4840 kali saat screenshot diambil.

Dalam webstie resmi TNI, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto membantah bahwa foto dengan ibu jari dan telunjuk merupakan bentuk dukungan TNI-Polri kepada Pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden (Capres dan Cawapres) Nomor Urut 02, Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno.

Ia menjelaskan, pose ibu jari dan telunjuk itu merupakan kode yang menandakan solidaritas yang digunakan Akabri lefting 87, angkatan 92, dan Alumni Program Pendidikan Singkat Angkatan (PPSA) XX Lemhannas tahun 2015.

Simbol yang digunakan oleh lefting 87, angkatan 92 serta Lemhannas XX itu adalah simbol untuk kebersamaan dan tidak ada maksud lain, karena foto tersebut diambil sebelum pasangan calon mengambil nomor urut, tandas seperti yang dikutip di www.tni.mil.id. Pernyataan berita ini hoax juga diperkuat dalam laman facebook Indonesian Hoaxes yang diunggah Jumat (4/1) lalu. (fin/tgr)

Rekomendasi Berita