oleh

HOAX: Foto Pengguna BPJS Dipindah ke Tol

Media sosial kini dihebohkan viral sebuah gambar pengumuman yang menyatakan ruang rawat inap bagi peserta BPJS Kesehatan dipindahkan ke gerbang tol. Pasalnya dana iuran para peserta kabarnya dipakai untuk tol.

Gambar ini viral setelah BPJS Kesehatan mengakhiri kerja sama dengan 65 rumah sakit swasta di berbagai daerah di Indonesia terhitung mulai 1 Januari 2019.

Namun setelah ditelusuri, foto yang diunggah oleh akun tersebut, adalah foto yang telah diedit sedemikain rupa. Gambar aslinya adalah gambar yang memuat mantan Direktur BPJS Fahmi Idris tengah menunjukkan kartu BPJS pada 3 Januari 2014 silam.

Dari rilis resmi BPJS, Kepala Humas BPJS kesehatan M Iqbal Anas Maruf membenarkan bahwa gambar tersebut diedit. “Dari fotonya saja sudah salah, itu kan foto mantan Direktur BPJS Kesehatan Pak Fahmi Idris, sudah lima tahun lalu. Cuma tulisannya sudah dimodifikasi seseorang. Isi memenya itu sama sekali tidak betul, katanya.

Iqbal juga menegaskan bahwa gambar yang menyatakan peserta BPJS kesehatan dipindahkan ke tol untuk rawat inap, pastikan tidak sesuai fakta. Tidak benar sama sekali karena sangat tidak sesuai dengan fakta sebenarnya. Kerja sama kita dengan rumah sakit masih jalan, tidak ada isu soal jaminan kesehatan, sebutnya. (fin/tgr)

Rekomendasi Berita