oleh

HOAKS: Ketua KPU Saudara Kandung Soe Hok Gie

Medsos digemparkan viral Ketua KPU Arief Budiman merupakan kakak kandung dari So Hok Gie, seorang aktivis pemuda angkatan 66.Dari sebuah akun bernama Pandi Rayan, ia memberi narasi Arief Budiman (ketua KPU)adalah saudara kandung Soe Hoek Gie, nama lahir Arief Budiman adalah Soe Hok djin.

Setelah ditelusuri, saudara kandung Soe Hok Gie bukanlah Arief Budiman yang saat ini menjabat sebagai Ketua KPU, melainkan Arief Budiman, aktivis demonstran angkatan 66 dan juga pernah menjabat sebagai Guru Besar di Universitas Melbourne, Australia.

Putri Arief Budiman, Santi K Budiman lewat postingan Facebooknya juga menyebutkan bahwa berita viral tersebut adalah bohong: Just for the record, ayah saya Arief Budiman (Soe Hok Djin) memang kakak kandung Soe Hok Gie, tapi bukan ketua KPU yaa.Jangan mau tertipu hoax yang memakai isu SARA. Lebih bagus lagi, jangan mau tertipu.

Berdasarkan informasi dari wikipedia, Arief Budiman dilahirkan dengan nama Soe Hok Djin. Sementara itu, Arief Budiman Ketua KPU dilahirkan pada 2 Maret 1974. Arief Budiman yang merupakan kakak Soe Hok Gie dikenal seorang intelektual yang mumpuni, idealis, dan tetap kritis kepada ketidakadilan. Dia kemudian meneruskan karier di Melbourne University setelah dipecat dari UKSW sebagai buntut dari perseteruan berkepanjangan akibat pemilihan rektor dinilai tidak adil.Belakangan UKSW meminta maaf kepada Arief dan memberinya penghargaan.Usai pensiun sebagai dosen di Melbourne University, Arief pulang ke Salatiga. (fin/tgr)

Rekomendasi Berita