oleh

Hoaks : 10 Game Diblokir Kemkominfo

Para pencinta games di dunia maya mendadak heboh. Pasalnya, baru saja beredar pengumuman berlabel Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) akan memblokir 10 nama game yang akan diblokir pada Kamis (31/1) mendatang.

Dalam pengumuman tersebut ada 10 nama permainan elektronik diantaranya: PUBG, Free Fire, Rules of Survival, Fortnite, Creative Destruction, Cross Fire: Legends, Arena of Valor, Point Blank Offline, dan Grand Theft Auto V. Pengumuman itu mulai viral sejak Kamis (10/1) pagi.

Para penggemar game di laman fanspage pun kasak kusuk dibuatnya. Selang beberapa jam, sebuah rilis dari Kemkominfo pun turut dan menegaskan bahwa pengumuman itu bohong alias hoaks. Dalam rilis yang diterima Fajar Indonesia Network ini merupakan yang ketiga kalinya dengan judul yang sama.

Dalam keterangan yang ditulis Plt Kepala Biro Humas Kemkominfo Ferdinandus Setu, peristiwa yang sama juga terjadi pada tahun 2015 dan 2016 yang mengaitkan informasi tersebut berasal dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dan Kemkominfo. “Itu kabar hoaks, tidak ada pemblokiran. Kami hanya fokus para perlindungan terhadap masyarakat atas efek dalam gim tersebut,” tuturnya.

Salah satu yang paling meradang atas pengumaman hoaks tersebut adalah para pencinta game PUBG atau Playerunknown Battleground. Jumlah penggemar permainan aksi tembak menembak ini paling dominan mencapai 200 juta orang. (fin/tgr)

Rekomendasi Berita