oleh

HMI: Polda Harus Telusuri Aktor Intelektual Penyebar Foto Cabup Musi Rawas

LINGGAUPOS.CO.ID – Ketua Badan Koordinasi (Badko) HMI Sumbagsel Bambang Irawan menduga ada aktor intelektual dibalik penyebaran foto Calon Bupati (Cabup) Musi Rawas Hj Ratna Machmud yang sedang menjalani perawatan di RSMH Palembang.

“Foto itu diambil dari CCTV RSMH Palembang, pastilah ada pihak oknum dari luar yang mengkondisikan pihak internal RSMH Palembang, untuk mengambil foto Cabup Mura yang sedang menjalani perawtan,” jelasnya, Sabtu (31/10/2020).

Karena itu, Bambang meminta pihak kepolisian untuk menyelidiki ini sampai kepada aktor yang memerintahkan orang internal RSMH Palembang mengambil foto tersebut.

“Saat posisi sekarang ini sebagai Cabup Musi Rawas, tentu besar dugaan saya ini foto ‘by request’ untuk membangun negative campaign,” katanya.

Sementara itu, sebelumnya Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Provinsi Sumatera Selatan, Dr. H Rizal Sanif S.Pogk, menyesalkan ulah oknum tak bertanggungjawab tersebut, dia memastikan hal itu melanggar aturan.

Menurutnya, bagi dokter yang tergabung di IDI apabila terlibat, maka prosesnya akan ditelusuri dulu dari keanggotaan mana dan untuk kepentingan apa.

“Secara umum tentu hal yang sifatnya privasi orang kan tidak boleh disebarkan, apalagi tanpa izin yang bersangkutan. Memfoto pasien boleh-boleh saja, tapi itu kan harus ada izin dari pasien dan rumah sakit. Jika tidak artinya melanggar,” tegasnya.

Dirinya pun menyampaikan, bahwa sesuai aturan memang hal-hal yang sifatnya privasi secara umum dilarang untuk disebarkan, termasuk kaitannya dengan urusan medis.

“Sampai sekarang kami menunggu informasi selanjutnya, tentu secara organisasi akan ada sanksi bagi anggota IDI apabila terlibat. Yang jelas, kita menyesalkan kejadian ini,” tambahnya.(*)

Rekomendasi Berita