oleh

Hj Suwarti dan H Mulyana, Cawabup yang Bisa Nyoblos di Pilkada Musi Rawas

LINGGAUPOS.CO.ID –  Pilkada 2020, ada Calon Bupati (Cabup) dan Calon Wakil Bupati (Cawabup) yang tak bisa menggunakan hak pilihnya. Di Kabupaten Musi Rawas misalnya.

Komisioner KPU Kabupaten Musi Rawas (Mura) Divisi Program dan Data, Wahyu Hidayat Setiadi mengungkapkan dua Cabup Mura, yakni H Hendra Gunawan dan Hj Ratna Machmud Amin tidak bisa menggunakan hak pilihnya di Pilkada 9 Desember 2020.

“Ini disebabkan keduanya tidak tercatat sebagai warga Kabupaten Mura. Jadi, tidak bisa menggunakan hak pilihnya di Pilkada Mura 2020 ini,” ungkap Wahyu Hidayat Setiadi.

Disampaikan Wahyu, H Hendra Gunawan tercatat sebagai warga Kota Lubuklinggau dan Hj Ratna Machmud Amin terdaftar warga Kota Jakarta. Hal ini diketahui dari berkas pendaftaran calon bupati dan wakil bupati yang sudah diterima KPU Mura pada proses pendaftaran.

Namun, untuk kedua calon Wakil Bupati, baik H Mulyana maupun Hj Suwarti, semua terdaftar sebagai pemilih di Kabupaten Mura. H Mulyana terdaftar sebagai pemilih di Kecamatan Purwodadi dan Hj Suwarti terdaftar dan akan menggunakan hak pilihnya di Kecamatan Megang Sakti.

“Memang, tidak ada syarat khusus yang mewajibkan semua calon bupati maupun wakil bupati harus terdaftar di pemilihan,” katanya.

Selain itu dijelaskan Wahyu, saat ini KPU Mura telah melakukan uji publik terhadap Daftar Pemilih Sementara (DPS). Bahkan, seluruh DPS ini telah diumumkan di setiap Desa/Kelurahan yang tersebar di wilayah Mura. Jadi, masyarakat dapat mengetahui dirinya sudah terdaftar atau belum sebagai pemilih.

Bagi yang telah memenuhi syarat, seperti sudah menikah atau berusia 17 tahun ke atas dan tidak terdaftar sebagai TNI/Polri, bila belum terdaftar sebagai pemilih dapat membawa KTP dan KK ke PPS atau PPK setempat.

“Nanti, petugas kami di lapangan akan mendata mereka sebagai pemilih, dan dipastikan bisa menggunakan suaranya pada 9 Desember 2020 ini,” jelasnya.(*)

Sumber: Harian Pagi Linggau Pos

Rekomendasi Berita