oleh

Hj Ratna Machmud dan Hj Suwarti, Pasangan Bupati dan Wabup Perempuan Pertama di Sumatera

LINGGAUPOS.CO.ID – Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru melantik Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Musi Rawas Hj Ratna Machmud-Hj Suwarti bersama lima Bupati terpilih lainnya di Griya Agung Palembang, Jumat (26/2/2021).

Dilantiknya Hj Ratna Machmud-Hj Suwarti ini menjadi torehan baru sebagai pasangan perempuan pertama di Pulau Sumatera yang menjadi Bupati dan Wakil Bupati.

Pemasangan tanda pangkat kepada Bupati Musi Rawas Hj Ratna Machmud oleh Gubernur Sumsel H Herman Deru

Diwawancarai usai pelantikan, Ratna Machmud mengaku akan langsung melakukan gebrakan dengan menemui Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Selain itu, pihaknya juga akan langsung turun ke tingkat kecamatan dan maupun desa untuk menyerap aspirasi dari masyarakat.

“Untuk program 100 hari kerja ini kami akan turun langsung ke kecamatan dan desa apa saja yang dibutuhkan warga Musi Rawas,” kata Ratna.

Pemasangan cupu kepada Bupati Musi Rawas Hj Ratna Machmud oleh Gubernur Sumsel H Herman Deru

Menurutnya, dengan terjun langsung menyerap aspirasi masyarakat bisa mempertajam program visi misi untuk membangun Musi Rawas beberapa tahun kedepan.

“Yang pasti prioritas kita akan melakukan pembenahan dalam bidang infrastruktur. Itu yang selama ini menjadi keluhan dari masyarakat di tingkat desa,” jelasnya.

Saat disinggung menjadi perempuan  Bupati dan Wabup pertama di Pulau Sumatera, lanjut Ratna, pihaknya akan mengemban amanah sebaik mungkin demi kesejahteraan masyarakat Musi Rawas.

“Alhamdulilah kami menjadi Bupati dan Wabup pertama di Sumsel itu perempuan. Bahkan di Pulau Sumatera juga itu kami yang pertama,” katanya.

Bupati Musi Rawas Hj Ratna Machmud menandatangani naskah pelantikan

Sementara itu, meriahnya tabuhan defile marching band tentara angkatan udara dan satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Sumsel, mengiringi setiap langkah mereka memasuki gedung istana gubernur.

Setibanya diinjakan kaki pertama di dalam gedung, mereka disambut Gubernur yang sudah siap memberikan tabung silinder berwarna merah berisikan Surat Keputusan (SK) penetapan Bupati-Wakil Bupati dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Berikut ialah prosesi pertama yang dilakukan tertutup.

Bupati Musi Rawas Hj Ratna Machmud dan Wakil Bupati Hj Suwarti

Lalu tibalah pada prosesi pengambilan sumpah jabatan dan penyematan pangkat jabatan di Pendopoan Griya Agung. Prosesi ini sungguh menguras emosional, menyebutkan nama tuhan diatas komitmen melayani kemaslahatan masyarakat, menegakkan keadilan.

Deru mengatakan, bahwa sumpah ini disaksikan oleh Tuhan Yang Maha Esa karena Tuhan itu maha mendengar maha mengetahui. Sumpah ini hendaknya diucapakan dengan kesadaran dengan kemauan yang sungguh-sungguh.

“Demi Allah saya bersumpah. Akan memenuhi kewajiban saya sebagai bupati dengan sebaik baiknya. Memegang teguh undang-undang dasar 1945. Dan menjalankan segala undang – undang dan aturannya dengan selurus-lususnya. Serta berbakti kepada masyarakat nusa dan bangsa ” kata para Bupati dan Wakil Bupati terpilih mengiringi Gubernur. Dengan begitu resmilah mereka, prosesi pelantikan selesai. (*)

Rekomendasi Berita