oleh

Hizbul Wathan Tekankan Panduan Islami

LINGGAU POS ONLINE, BANDUNG KIRI – Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan (HW) adalah salah satu organisasi otonom (ortom) di lingkungan Persyarikatan Muhammadiyah. Fokusnya menjadikan anggota sebagai Kepanduan Islami.

Kepala SMP Muhammadiyah Lubuklinggau Horasni didampingi Waka Kesiswaan Suharto menjelaskan pada dasarnya HW dan Pramuka sebagai gerakan kepanduan memiliki tujuan yang sama, yakni mendidik anak bangsa.

“Hanya saja, kepanduan HW lebih menekankan kepada kepanduan islami, dengan menerapkan akidah islam dalam setiap aspek kegiatan kepanduan,” ungkapnya.

Suharto juga menjelaskan, HW sebagai kepanduan islami, artinya pendidikan kepanduan yang dilakukan oleh HW adalah untuk menanamkan aqidah Islam dan membentuk peserta didik berakhlak mulia.

“Selian itu, HW juga adalah organisasi otonom Muhammadiyah yang tugas utamanya mendidik anak, remaja, dan pemuda dengan sistem kepanduan, Dan Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan yang berasaskan Islam, memiliki maksud dan tujuan untuk menyiapkan dan membina anak, remaja, dan pemuda menjadi manumur muslim yang sebenar-benarnya dan siap menjadi kader Persyarikatan, Umat, dan Bangsa,” jelasnya lagi.

Suharto juga mengatakan jika SMP Muhammadiyah sangat aktif dalam kegiatan kepanduan Hizbul Wathannya, terbukti beberapa waktu lalu Tim putra dan putri Hizbul Wathan SMP Muhammadiyah berhasil meraih juara umum dua pada acara kemah akhir tahun Hizbul Wathan (HW) se-Kabupaten Musi Rawas dan Kota Lubuklinggau di Desa Srimulya, Kecamatan BTS Ulu Terawas, pada 18-20 Desember 2017 lalu.

Selain itu, Suharto juga menjelaskan pihaknya sering melaksanakan pelatihan HW di luar sekolah, salah satunya berlatih di Wisata Bukit Sulap Lubuklinggau beberapa waktu lalu.

“Kegiatan pelatihan HW di luar sekolah ini dilaksanakan dalam rangka me-refreshing anak-anak HW yang selama ini jenuh dalam pelatihan rutin HW di dalam lingkungan sekolah. Serta memotivasi mereka agar lebih aktif dan semangat lagi dalam berlatih HW, karena biasanya mereka rutin latihan HW seminggu satu kali setiap hari minggu di sekolah. Dan dalam kegiatan ini mereka biasanya didampingi para pembina HW Ahmad Mukhsin, Tri Riduansyah, Vini Oktaliza dan Ririn Permatasari, serta dipandu juga oleh senior-senior HW SMP Muhammadiyah,” tuturnya. (AE02)

Rekomendasi Berita