oleh

Hindari Pernikahan Dini Melalui Posyandu Remaja

LINGGAUPOS.CO.ID – Pos pelayanan terpadu (Posyandu) sekarang ini tidak hanya untuk balita dan lansia. Tapi juga untuk remaja, seperti dilakukan Pukesmas Sumberharta Kabupaten Musi Rawas, yang disebut Posyandu Remaja (Posrem).

Kepala Bagian Kesehatan Reproduksi (Kespro) Puskesmas Sumber Harta, Niwayan Lena Budiarti menjelaskan, pihaknya membentuk Posyandu Remaja.

“Tujuan dibentuknya Posyandu remaja ini adalah untuk memberikan kemudahan dalam memperoleh pelayanan kesehatan, sehingga meningkatkan derajat kesehatan dan keterampilan bagi remaja,” jelasnya.

Niwayan Lena Budiarti menambahkan, bahwa program ini sudah dimulai sejak awal 2020, tetapi belum bisa optimal karena adanya pandemi.

“Awal 2020, kami memulai program ini. Sampai saat ini sudah ada tiga posyandu remaja di Kecamatan Sumber Harta. Tujuan dari posyandu remaja ini supaya, kita bisa menurunkan angka pernikahan dini dan kasusterjadi nya pergaulan bebas atau remaja pengguna napza,” ungkapnya, Rabu (24/3/2021).

Ketua Posrem Kelurahan Sumberharta, Ridwan mengatakan bahwa ini adalah upaya nyata pemerintah untuk menekan angka kenakalan remaja seperti pergaulan bebas yang menimbulkan banyak penyimpangan sosial.

“Posyandu remaja ini menjadi wadah generasi muda supaya terus berkegiatan positif, tak hanya fisik tetapi intelektual dan juga spiritiual,” imbuh Ketua Posrem.

Sementara itu, Bidan di Kelurahan Sumber Harta Lesi Rosita, juga mengapresiasi dibentuknya posyandu remaja ini.  “Alhamdulillah akhirnya terbentuk posyandu remaja. Mudah-mudahan remaja sumber harta semakin sehat jasmani dan rohani,” pungkasnya.(*)

Rekomendasi Berita