oleh

Hindari Kata Kasar

Mendidik Anak dengan Hati

Karakter anak usia dini (0-6 th) bisa dikatakan unik. Karena mereka aktif, spontan, ceria, dan penuh rasa ingin tahu. Semua stimulus dan informasi akan direspons pada usia ini. Lalu apa yang harus dilakukan orang tua maupun guru agar bisa membimbing anak di masa golden age ini jadi insan yang soleh dan soleha.

Laporan Qori Musdhalifah, Lubuklinggau

LINGGAU POS ONLINE- KEPALA PAUD Bina Insani, Siti Aisyah mengatakan pembentukan karakter pada anak usia dini dapat dimulai dari lingkungan keluarga. Dilanjutkan dengan upaya para guru di lembaga pendidikan usia dini seperti TK, KB, TPA dan lainnya.

“Upaya guru di lembaga pra sekolah dengan memberikan teladan yang baik dalam kegiatannya sehari-hari. Seperti bertingkah sopan dalam memanggil sesama guru maupun anak didik. Contohnya, dengan menyebutkan kata ibu dengan sesama guru, agar anak didik yang mendengarkan dapat mengikuti panggilan sopan, menegur anak dengan lembut tanpa menggunakan kata-kata kasar,mendisiplinkan anak secara tepat, memberikan hukuman secara efektif tanpa menyakiti perasaan maupun moral anak dan lainnya,” paparnya.

Intinya lanjutnya, dalam pembangunan karakter pada anak, guru maupun orang tua harus menjadi teladan yang baik terlebih dahulu pada anak, karena anak akan dapat langsung melihat secara nyata mengenai sikap dan perbuatan yang baik dan buruk, yang sesuai dan tidak sesuai di lingkungan sekitarnya.

“Baru setelah itu dengan melakukan beberapa kegiatan untuk pengembangan karakter mereka yang nantinya sangat penting dalam kemajuan bangsa,” lanjut Siti Aisyah.

Ibu Aisyah, sapaannya mengatakan jika di PAUD Bina Insani memiliki beberapa kegiatan untuk mengembangkan karakter pada anak usia dini, diantaranya adalah dengan kegiatan bercerita yang dilakukan guru kepada anak didik dengan cerita-cerita Nabi dan Rasul dan dongeng anak sholeh, praktik salat, mengaji, hafalan doa-doa, saling berbagi sesama teman,kegiatan bersalam-salaman dengan yang lebih tua dan lainnya.

“Saya berharap pengajar di PAUD ini bertambah dan selalu memberikan yang terbaik untuk peserta didik. Dan peserta didik dapat menjadi generasi penerus bangsa yang cerdas, sholeh dan hebat. Karena saya selalu menganggap setiap anak itu cerdas dan memiliki bakat tersendiri dan berpotensi untuk kemajuan Bangsa Indonesia,”harapnya. (*)
JUDUL : Berharap Pengajar PAUD Bertambah

Rekomendasi Berita