oleh

Henna Sudah Ada Sejak 5.000 Tahun Lalu

Setiap pengantin yang akan menikah, pasti di tangannya selalu berwarna-warni, ini merupakan Henna yang sudah menjadi tradisi setiap melangsungkan pernikahan.

Karya seni berhenna sudah berlangsung sejak 5000 tahun, beberapa sejarawan mengatakan bahwa bangsa Mogul-lah yang membawa Mehndi ke India tetapi sejarawan lain mengatakan bahwa asal mula Mehndi adalah India, sedang yang lain mengatakan bahwa asal mula Mehndi adalah Timur Tengah atau Afrika Utara.

Henna merupakan nama tumbuhan tertua yang digunakan sebagai kosmetik yang sangat aman digunakan dan jarang menimbulkan masalah

Di negeri asalnya, India, henna menjadi salah satu cara mempercantik diri selain

Dalam sejarah pemakaian henna digunakan untuk menangkal kejahatan dan membawa nasib baik bagi pemakainya. Karenanya henna biasa dipakai sebelum melahirkan (sewaktu hamil) dan sebelum pernikahan (calon pengantin).

Sebagian besar prosesi pernikahan tradisional di beberapa daerah yang ada di Indonesia memasukan ritual pemakaian daun pacar sebagai salah satu ritual pernikahan Melayu.

Masing-masing daerah memiliki arti dan makna tersendiri untuk ritual tersebut, meski di masa sekarang ritual ini dianggap oleh sebagian kalangan masyarakat Indonesia sebagai pelengkap prosesi pernikahan suatu adat semata. (Net/12)

Komentar

Rekomendasi Berita