oleh

Heboh, Rumpun Bambu di Rejang Lebong Terbakar

LINGGAU POS ONLINE – Sejumlah warga di sekitar Desa Kampung Delima, Kecamatan Curup Timur, heboh. Selasa (20/8) sekitar pukul 19.30 WIB, warga melihat api membesar dan membakar rumpun bambu di pinggir jalan perkebunan pada lahan milik warga setempat.

Khawatir api merembet ke lahan warga dan ke pemukiman warga, sejumlah petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Rejang Lebong diterjunkan membantu memadamkan api.

“Kita turunkan dua armada mobil pemadam kebakaran membantu memadamkan api,” kata Sumardi, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Rejang Lebong.

Sumardi mengaku, penyebab api yang membakar rumpun bambu di sekitar pinggir jalan belum diketahui pasti.

“Kalau asal api belum diketahui,”singkatnya.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rejang Lebong Basuki melalui Kabid Kedaruratan dan Logistik Mustafa Lufi dikonfirmasi membenarkan adanya kebakaran rumpun bambu di kawasan desa Kampung Delima.

“Belum diketahui pasti penyebab kebakaran, tapi kemungkinan kebakaran karena ada orang yang lewat situ membuang puntung rokok terkena tiupan angin, sehingga menyebabkan terbakarnya rumpun bambu,” jelas Mustafa.

Menurutnya, jika tidak segera dipadamkan api dikhawatirkan merembet ke lokasi lahan warga.

“Sekitar 200 meter dari lokasi ada rumah warga,” kata Mustafa.

Meski sempat menghebohkan dan mobil pemadam kebakaran datang untuk membantu memadamkan api namun kebakaran lahan rumpun bambu berhasil dipadamkan. Yang terbakar tidak luas hanya ada sekitar 4 rumpun bambu di sekitar pinggir jalan.
Mustafa berharap, seiring dengan musim kemarau warga diharapkan tidak membakar lahan.

“Bupati juga sudah menyampaikan surat edaran untuk tidak membakar lahan pada musim kemarau ini,” ungkapnya.

Selain kemarau, sambungnya, juga banyak angin kencang yang diharapkan perlu diwaspadai.

“Tapi kalau untuk angin puting beliung, saat ini belum ada laporan,” tambahnya. (sam)

Rekomendasi Berita