oleh

Hasil Tes Narkoba Balon Kades Diumumkan, Jika Positif Langsung Gugur

Menjelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak kedua tahun 2017. Pagi ini (Jumat, 24/11) hasil tes darah Bakal Calon Kepala Desa (Balon Kades) diumumkan.

Laporan Aspin Dodi, Rupit

PENGAMBILAN sampel darah kepada seluruh balon kades di 25 desa telah dilakukan 10 November 2017. Hal ini disampaikan Kepala Bidang Pemerintahan Desa dan Otonomi Desa DPMD-P3A, Husin Haikal.

Pelaksanaan tes dialkukan BNN Musi Rawas dibantu BNN Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel). Dan Rabu (22/11) lalu hasil tes darah tersebut telah diterima DPMD-P3A Muratara.

Direncanakan pembukaan hasil tersebut dilaksanakan di lantai II Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Muratara, disaksikan oleh Bupati Muratara, HM Syarif Hidayat dan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Muratara, H Abdullah Matcik.

Selain para balon kades, seluruh camat, kepala desa dan panitia pilkades, diundang langsung untuk menyaksikan pembukaan hasil tersebut.

“Sekarang hasilnya sudah diberi kepada Pak Bupati, insya Allah pembukaan besok disaksikan langsung oleh pak Bupati dan Sekda,” tambahnya.

Menurut, Husin Haikal hasil tes tersebut murni dari oleh BNN, di mana diperiksa di laboratorium BNN Provinsi Sumsel, lantaran untuk tes darah wewenang BNN provinsi, sementara kalaupun tes urine itu baru wewenang BNN Kabupaten atau kota.
Lebih lanjut, Setelah hasilnya disampaikan secara terbuka di hadapan para Balon Kades, selanjutnya akan diserahkan ke panitia desa untuk memutuskan.

“Tapi secara aturan hukum, bila hasilnya positif menggunakan Narkoba otomatis akan gugur. Tapi tidak diproses secara hukum,” imbuhnya.

Untuk tahapan selanjutnya berupa penetapan Calon Kades, oleh Panitia Pilkades pada tanggal 25 November 2017.

“Selanjutnya tanggal 27 November 2017 akan dilakukan penandatanganan kesepahaman untuk Pilkades damai oleh seluruh calon Kades, agar pelaksanaan kampanye dan pemilihan berjalan aman, tertib dan kondusif, tanpa ada permasalahan,” harapnya. (*)

Komentar

Rekomendasi Berita