oleh

Hasil Tes Kesehatan Diplenokan

Ketua KPU Sumsel, H Aspahani
“Bagi yang memenuhi syarat kesehatan, sang calon bisa terus melanjutkan ke tahapan berikutnya, sementara bagi yang dinyatakan tidak memenuhi syarat maka harus cepat diganti dengan waktu yang singkat yakni 3 hari…”

Pilkada Lubuklinggau 2018

LINGGAU POS ONLINE, PALEMBANG – Setelah melakukan serangkaian pemeriksaan kesehatan kepada seluruh bakal Pasangan Calon (Paslon) kepala daerah 10-14 Januari 2018. Akhirnya Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menyerahkan hasil pemeriksaan kesehatan terhadap 39 bakal Paslon atau 78 orang bakal calon kepala daerah kepada KPU Sumsel.

Penyerahan hasil pemeriksaan kesehatan dilakukan IDI Sumsel yang dihadiri tim dokter serta Komisioner KPU Provinsi dan KPUD kabupaten/kota di aula Rumah Sakit Umum Provinsi Dr Mohammad Hoesin (RSMH) Palembang, Selasa (16/1) siang.

Direktur Medik dan Keperawatan RSMH Palembang, dr Alsen Arlan mengatakan, setelah melakukan pemeriksaan kesehatan meliputi kesehatan jasmani, rohani, dan bebas penyalahgunaan narkoba, hari ini (kemarin,red) pihaknya secara resmi menyerahkan hasil tersebut kepada KPU Sumsel.

“Alhamdulillah sudah selesai sesuai prosedur. Kami sudah rapat pleno dan hari ini kami serahkan kepada KPU Provinsi,” kata Alsen Arlan dalam keterangan persnya.

Selain kepada KPU, Alsen menerangkan, pihaknya juga akan memberikan hasil tes kesehatan kepada masing-masing bakal calon kepala daerah. Agar yang bersangkutan dapat mengetahui secara riil hasil kesehatannya.

“Kami juga akan berikan salinan hasil riilnya pada calon, sehingga diketahui apa yang kurang. Misalnya kolesterolnya tinggi, ada batu empedu, atau katarak sehingga bisa ditangani,” ujar Alsen Arlan.

Ketua KPU Sumsel Aspahani mengatakan, pihaknya hanya menerima hasil pemeriksaan kesehatan yang menyatakan bakal calon memenuhi syarat atau tidak memenuhi syarat.

Bagi yang memenuhi syarat kesehatan, kata Aspahani sang calon bisa terus melanjutkan ke tahapan berikutnya, sementara bagi yang dinyatakan tidak memenuhi syarat maka harus cepat diganti dengan waktu yang singkat yakni 3 hari.

Saat diwawancara Linggau Pos, Selasa (16/1) ia menjelaskan setelah menerima hasil dari IDI, KPU Sumsel, dan KPUD kabupaten/kota akan menggelar rapat pleno. Pengumuman untuk provinsi akan diumumkan pada 18 Januari 2018. Kalau untuk kabupaten/kota bisa 17 atau 18 Januari.
“Itu opsinya,” kata Aspahani.

Walaupun sudah di tangan KPU. KPU tidak boleh membuka amplop itu hingga diserahkan ke Paslon yang bersangkutan.

“Pembukaan amplop yang diserahkan IDI ini boleh tapi besok dalam rapat pleno terbuka. Sekaligus nanti dituangkan di dalam formulir untuk mengisikan apakah hasil tes kesehatan itu memenuhi syarat atau tidak. Ini terbuka pada rapat pleno yang diadakan di KPU Sumsel, maupun KPUD kabupaten/kota,” jelasnya.(05/Net)

Komentar

Rekomendasi Berita