oleh

Hasil Sidak Tim Pemkab Musi Rawas Temukan Minuman Kadaluarsa

LINGGAU POS ONLINE – Masyarakat Kabupaten Musi Rawas khususnya yang akan membeli kebutuhan pokok di Pasar Megang Sakti mesti berhati-hati dan selektif dalam membeli makanan ataupun minuman kemasan.

Pasalnya hasil tim Pemerintah Kabupaten Musi Rawas saat melaksanakan Inspeksi Mendadak (Sidak), Rabu (29/05) di salah satu Toko Manisan di Pasar Megang Sakti mendapatkan minuman kemasan sudah habis masa kadaluarsa.

Tim Pemkab Mura melalui Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) dan Tim Jejaring Keamanan Pangan Daerah (TJKPD) menemukan minuman sudah tak layak konsumsi tersebut. Atas temuan ini, tim meminta pemilik toko untuk tidak memajang dan memusnahkan minuman kemasan tak layak yang konsumsi.

Ketua Tim, pimpinan rombongan Kepala Dinas Perindagsar Ir Hj Nur Hasanah Yoesoef didampingi Kabag Ekonomi Setda Mura, Decky Zulkarnain dan Tim Dinkes Mura mengungkapkan, awalnya pihaknya merasa curiga dengan konsisi fisik minuman. Setelah dicek terbukti bahwa minuman kemasan tersebut sudah tidak layak konsumsi baik dari waktu kadaluarsa maupun fisik kemasan.

Untuk itu, pihaknya memberikan peringatan kepada pemilik toko untuk menarik dan memusnahkan minuman kemasan tersebut agar tidak dibeli dan dikonsumsi masyarakat.

Pada kesempatan itu juga, pihaknya menghimbau kepada masyarakat untuk selektif dalam memilih makanan dan minuman kemasan. Caranya dengan melihat waktu kadaluarsa dan fisik kemasan makanan dan minuman.

Selain mengecek waktu kadaluasa, tim juga mengecek harga sembako menjelang hari raya idul fitri 1440 H. Dari hasil pemantauan, kecendrungan harga kebutuhan pokok mulai merangkak naik pada kisaran Rp 2- 10 ribu dari harga normal. Sidak dimulai dari Pasar B Tugumulyo dan dilanjutkan ke Pasar Megang Sakti.

Tim Sidak yang hadir diantaranya
Kadisperindagsar, Kabag Ekonomi Setda Mura, Kabag Hukum Setda Mura, Kadis Ketahanan Pangan, Dinas Kesehatan, Dinas Perikanan dan Peternakan, Satpol PP, Dinas Kominfo dan Instansi Terkait lainnya.(rls)

Rekomendasi Berita