oleh

Hasil Quick Count, HD – MY Menang

 

LINGGAU POS ONLINE, PALEMBANG – Pasangan Calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Herman Deru-Marwadi Yahya dinyatakan sebagai pemenang Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumsel versi hasil hitung cepat atau quick count yang dilakukan sejumlah lembaga survei.

Berdasarkan hasil hitung cepat Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, dari 98 persen data masuk pada pukul 18.52, Rabu (27/6), Paslon Herman Deru-Marwadi Yahya yang diusung PAN, NasDem, dan Hanura memperoleh suara 35,37 persen. Posisi kedua ditempati Paslon Dodi Reza Alex Nurdin-M Giri Ramanda N. Kiemas, pasangan yang diusung PDIP, PKB, dan Golkar memperoleh suara 31,97 persen.

Disusul pasangan Ishak Mekki-Yudha Pratomo yang menempati urutan ketiga dengan perolehan suara terakhir 20,97 persen. Pasangan ini diusung oleh Demokrat, PBB, dan PPP. Di posisi buncit, Paslon Saifudin Aswari Rivai-M Irwansyah. Pasangan yang diusung Gerindra dan PKS hanya mampu memperoleh suara 11,69 persen.

Pusat Kajian Kebijakan dan Pembangunan Strategis (Puskaptis) juga menampilkan hasil yang sama. Selisih suara Paslon gubernur dan wakil gubernur Sumatera Selatan Herman Deru-Mawardi Yahya sangat tipis dengan pesaing terdekatnya yakni Dodi Reza Alex-Giri Ramanda.

Direktur Pusat Kajian Kebijakan dan Pembangunan Strategis (Puskaptis) Husin Yazid menyatakan, selisih suara Paslon gubernur dan wakil gubernur Sumatera Selatan Herman Deru-Mawardi Yahya dengan Dodi Reza Alex-Giri Ramanda hanya 0,19 persen.

Herman Deru-Mawardi Yahya meraih suara 34,23 persen. Kemudian Dodi Reza Alex-Giri Ramanda 34,04 persen. Disusul Ishak Mekki-Yudha Pratomo 20,36 persen dan Aswari-Irwansyah 11,38 persen.

“Kami akan tetap melakukan penghitungan terus, karena masih sekitar 10 hingga 11 persen lagi,” ujarnya di Palembang.

Dia menuturkan, hitung cepat itu dilakukan di 17 kabupaten dan kota di Sumsel di 65 kecamatan, 600 desa dan sebanyak 1.200 kampung RW/RT.

Pada hitung cepat ini data yang diambil 880 sampai 1.200 data, dengan multistage random sampling dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Pengamat politik Ade Indra Chaniago menyampaikan, dengan selisih suara yang tipis sekitar 0,19 persen itu tidak bisa mengambil keputusan pemenang Pilkada Sumsel.

Dari hasil quick count tersebut, Gubernur Sumsel Alex Noerdin, Dodi Reza Alex mengatakan bakal menunggu hasil resmi dari KPU. Dia menyebut saat ini ada selisih sekitar 3 persen antara suara putranya dengan peraih suara terbanyak versi quick count.

“Untuk di quick count atau hitung cepat kalau gak salah terakhir hanya selisih 3 persen, jadi lebih baik kita tunggu hasil real count dari KPU saja. Karena hasil di KPU itu yang resmi,” kata Alex Noerdin di rumahnya di Jalan Merdeka, Palembang, Rabu (27/6).

Dia mengaku kaget saat melihat hasil final perolehan suara sejumlah lembaga survei. Alex sendiri belum bisa mengucapkan selamat kepada pasangan Herman-Mawardi karena menunggu hasil resmi dari KPU.

“Guna quick count itu untuk mengontrol suara, ada permainan suara atau tidak. Saya agak kaget bisa selisih 4 persen (antara suara Dodi Reza Alex-Giri Ramanda Kiemas dan Herman Deru),” kata Alex.

“Saya belum bisa mengucapkan selamat (kepada Herman Deru) karena belum ada resmi dari KPU. Kalau sudah resmi pasti saya ucapkan,” sambungnya.

Sebelumnya, sejumlah lembaga survei telah memfinalisasi hasil hitung cepat (quick count) Pilgub Sumsel. Hasilnya, pasangan Herman Deru-Mawardi Yahya menang.(Net)

LSI

Herman Deru-Mawardi Yahya 35,33 %
Aswari Rivai-M Irwansyah 11.69 %
Ishak Mekki-Yudha Pratomo Mahyudin 21,03 %
Dodi Reza Alex-M Giri Ramanda Nazaputra 31,94 %

Charta Politika

Herman Deru-Mawardi Yahya 35,19 %
Aswari Rivai-M Irwansyah 12,74 %
Ishak Mekki-Yudha Pratomo Mahyudin 20,73 %
Dodi Reza Alex-M Giri Ramanda Nazaputra 31,33 %

Indikator

Herman Deru-Mawardi Yahya: 34,95 %
Saifuddin Aswari Rivai-Irwansyah: 11,85 %
Ishak Mekki-Yudha Pratomo Mahyudin: 21,25 %
Dodi Reza Alex-Giri Ramanda Kiemas: 31,95 %

Rekomendasi Berita