oleh

Hasil Pleno, Hafalan Ungguli PSR-Rozi

LINGGAU POS ONLINE, LAHAT – Hasil rapat pleno verifikasi faktual tahap kedua untuk Pasangan Calon (Paslon) independen oleh Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) Merapi Barat pasangan Hafalan (Hafit-Erlan) unggul jauh dari Paslon PSR-Rozi khususnya untuk dukungan yang Memenuhi Syarat (MS).

Rapat pleno yang dilaksanakan Rabu (7/2) di Sekretariat PPK Merapi Barat dihadiri oleh Camat, Kapolsek, Danramil serta Panwascam Merapi Barat dan saksi ahli Paslon independen sehingga berjalan dengan transparan dan tertib.

Ketua PPK Merapi Barat, Supriyono mengatakan, hasil rapat pleno PPK sebelumnya telah dilakukan verifikasi faktual oleh PPS di 19 desa yang ada sehingga tidak cacat hukum dan sesuai dengan fakta di lapangan. Untuk rincian dukungannya yakni Paslon PSR-Rozi dari sebanyak 1.424 yang mana untuk dukungan MS sebanyak 1.347 dan TMS (Tidak Memenuhi Syarat) sebanyak 77 dukungan. Sedangkan Paslon Hafalan dari 3.341 dukungan sebanyak 1.812 MS dan 1.529 TMS.

“Data tersebut merupakan hasil laporan PPS di setiap desa, dalam melakukan verifikasi faktual kami diawasi oleh Panwaslu dan PPS oleh PPL sehingga benar-benar akurat sesuai data yang ada. Karenanya, kami harap hal ini akan terus berlanjut dalam setiap tahapan yang dilakukan,” ujarnya didampingi komisioner PPK lainnya.

Ketua Panwascam Merapi Barat, Eva Meitrianie,SE menuturkan, hasil verifikasi faktual Paslon independen sesuai dengan data B6.Kwk dan akurat sesuai dengan yang diharap kan. Panwascam kedepan tetap mengharapkan pelaksanaan Pemilukada di Kecamatan Merapi Barat berjalan tertib dan para Paslon maupun penyelenggara dapat berjalan lurus guna menghindari hal yang tidak diinginkan.

“Sukses pelaksanaan Pemilukada merupakan tanggung jawab bersama sehingga indikasi pelanggaran yang memicu konflik harus dicegah sedini mungkin agar dapat menjadikan Pemilukada bersih dan Demokrasi guna melahirkan pemimpin yang amanah,” imbuhnya didampingi divisi pengawasan dan penindakan pelanggaran, Feri.

Kapolsek Merapi Area, AKP Sofyan Ardeni mengungkapkan, dalam setiap pelaksanaan Pemilukada mendatang pihak polsek akan berada di belakang Panwaslucam khususnya dalam menegakkan keadilan Pemilu sesuai dengan aturan yang berlaku dalam Undang-Undang.

“Karenanya kita sangat mengharap kan agar para penyelenggara dapat memakai kacamata Kuda dalam melaksanakan tugas serta tidak berpihak pada salah satu Paslon, karena sengketa yang menimbulkan konflik bisa terjadi akibat penyelenggara ditingkat desa dan kecamatan yang tidak melaksanakan tugas dengan baik,” ungkapnya (02)

Komentar

Rekomendasi Berita