oleh

Harus Peka Saat Mata Bermasalah

KLINIK Al-Hafiz merupakan salah satu fasilitas kesehatan yang membuka layanan 24 jam. Selain pemeriksaan kandungan, dokter anak dan gigi, klinik ini cukup dikenal dengan layanan poli mata. Yang pasiennya tidak sedikit dari luar daerah. Untuk tahu, apa saja keunggulan layanan pengobatan mata di poli ini, saya membincangi Dokter Spesialis Mata dr Hatta, Sp.M di Klinik Al Hafizh, Jalan Rambutan, Kelurahan Taba Jemekeh, Kecamatan Lubuklinggau Timur I.

Assalamualaikum dok

Waalaikumsalam. Iya Lik

Berdiri sejak kapan dok klinik ini?

20 Agustus 2013 lalu.

Apa kelebihan (keunggulan) fasilitas yang kita punya dok?

Kita punya phacoemulsification/operasi katarak dengan laser gold standar WHO untuk operasi katarak.

Sebagian besar pasien menderita apa?

Mayoritas katarak. Kedua pterygium. Kami tawarkan solusinya agar operasi.

Untuk gejala katarak itu bagaimana dok?

Biasanya, penglihatan seakan dihalang-halangi asap. Dan tanpa kita sadari kadang penderita cenderung menyukai cuaca mendung, ketimbang cerah. Sebab penglihatannya mudah silau.

Itu (katarak) disebabkan oleh apa dok?

Banyak penyebabnya. Bisa karena infeksi kehamilan (katarak penderitanya usia bayi), trauma (katarak penderitanya usia anak-anak/remaja) atau bisa juga karena sirkulasi cairan lensa tidak merata (Katarak penderitanya usia dewasa).

Dan bagaimana solusi yang ditawarkan?

Pengobatannya, begitu tahu gejala katarak, langsung operasi. Operasi dilakukan tergantung tingkat ketebalan katarak. Bisa juga menggunakan phaco, penyembuhan bisa lebih cepat dibanding operasi manual.

Nah, kalau untuk pasien mayoritas selama ini dari mana saja dok?

Sebagian besar masih dari Kota Lubuklinggau. Ada juga dari Kabupaten Musi Rawas, Kabupaten Muratara, Kota Sarolangun Jambi, Kota Curup Rejang Lebong, Kecamatan Kepahiang, Kabupaten Lahat dan ada juga dari Kabupaten Tebing tinggi.

Khusus penyakit mata paling parah atau operasi terberat yang pernah ditangani apa dok?

Yang terberat adalah endophtalmitis. Itu sejenis infeksi dalam bola mata. Kadang pasien bola matanya harus diangkat untuk menghentikan proses infeksinya.

Saran dokter, agar seseorang bisa menjaga kesehatan mata?

Ya kalau baca sebaiknya sambil duduk dan di tempat yang cukup terang. Baca juga jangan sambil tiduran. Begitu juga saat menulis. Olahraga paling tidak dua kali seminggu. Dan jangan lupa, makan sayuran dan buahan.

Kapan dok, usia paling rawan, gangguan mata mulai menyerang?

Biasanya 50 tahun. Itu usia rata-rata seseorang mulai menderita katarak. Kalau untuk kelainan refraksi adalah usia sekolah karena kadang mulai terdeteksi di sekolah.

Selain itu, ada juga pasien kami baru usia 40 tahun menderita glaukoma/tekanan bola mata meningkat. Jadi khusus mata, tidak tergantung pada usia sebenarnya. Kadang kecelakaan bisa berdampak pada kerabunan. Jadi memang kita harus intens memberikan perlindungan

Berkenaan dengan Hari Kesehatan Nasional (HKN), apa pesan dokter untuk masyarakat Indonesia berkenaan dengan kasus penyakit mata yang kerap terjadi tiga tahun terakhir?

Mari kita jaga kesehatan mata kita dengan memakai helm bila kita mengendarai sepeda motor. Jangan sembarang menggunakan obat tetes mata. Sebaiknya cepat-cepat berobat bila mengalami gangguan mata. (*)

Komentar

Rekomendasi Berita